DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mengapresiasi upaya pemerintah provinsi (Pemprov) setempat dalam mewariskan nilai-nilai kesenian dan kebudayaan kepada generasi muda.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi menyampaikan apresiasi tersebut, Rabu sehubungan Pemprov setempat menyumbang seperangkat alat musik gamelan Banjar kepada SMK Negeri 2 Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Baca juga: DPRD Kalsel minta kepolisian tingkatkan patroli cegah aksi geng motor

Penyerahan bantuan seperangkat alat musik gamelan Banjar itu oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalsel kepada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Simpang Empat (sekitar 260 km tenggara Banjarmasin) Tanbu, 25 Oktober 2023.

Menurut wakil rakyat yang akrab dengan sapaan Paman Yani itu, Kalsel memiliki beragam budaya dan kesenian yang sudah sepatutnya menjadi perhatian bersama seperti perawatan dan pelestarian.

"Budaya itu memiliki makna yang luas. salah satunya yakni kesenian musik sebagai masyarakat Banjar, kita harus bangga dengan kesenian musik yang diciptakan oleh leluhur kita," ujar Paman Yani.

Lesgislator asal daerah pemilihan Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Tanbu itu menilai di tengah gempuran teknologi seperti sekarang, generasi muda khususnya para pelajar harus mengetahui tentang beragam jenis musik yang ada di provinsi setempat seperti gemelan Banjar dan musik Panting.

Baca juga: Paman Yani tekankan pentingnya mengajak generasi muda menjaga warisan budaya

"Terlebih, Gamelan Banjar sendiri telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Tahun 2021," ujarnya.

Menurut laki-laki kelahiran Banjarmasin itu, hal tersebut tentunya menjadi kewajiban bersama, apakagi sebagai pemangku kebijakan untuk terus melestarikannya dan mengimplementasikannya kepada para pelajar.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kalsel Raudhati Hildayati, mengatakan, ada empat sekolah di "Bumi Bersujud " Tanbu yang menjadi lokus mereka dalam pengadaan alat musik gamelan Banjar, yakni SMKN 1 dan 2 Simpang Empat, SMAN 1 Sungai Loban serta SMAN 1 Angsana.

"Dengan pemberian satu paket gamelan Banjar  tentunya memberikan sarana dan prasarana siswa untuk mempelajari, mempraktekkan, dalam rangka melestarikan budaya Banjar melalui alat musik tradisional tersebut , katanya.

Di lokasi sama, Kepala Sekolah SMKN 2 Simpang Empat Tanah Bumbu, Ika Yuliana, berterimakasih kepada Disdikbud Kalsel karena telah memberikan bantuan dalam upaya melestarikan budaya Banjar yang diciptakan oleh nenek moyang.

"Untuk seni budaya dan seni musik itu masuk salah satu mata pelajaran. Kebetulan juga nilai kesenian disini sangat kental, karena antusias pelajar sangat tinggi terhadap seni," ungkapnya.

Baca juga: Kick Boxing Kalsel capai target tiket PON XXI 2024

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023