Sebanyak empat sekolah di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mewakili lomba sekolah sehat pada tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023.

Penjabat (Pj) Bupati HSU melalui Asisten 1 Bagian Pemerintahan dan Kesra Khairussalim, mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tim penilai guna mengevaluasi dan menilai upaya untuk meningkatkan unit kesehatan di lingkungan sekolah.

Baca juga: Pemkab HSU sediakan 26 kategori lapor daring untuk warga

“Kegiatan ini menjadikan motivasi dan mendorong semangat untuk meningkatkan kebiasaan PHBS, atau perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah,” kata Khairussalim di HSU, Rabu.

Khairussalim melanjutkan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah aspek yang juga penting untuk membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, yang terbiasa peduli akan pentingnya PHBS.

Khairussalim juga memohon agar tim penilai nantinya dapat memberikan saran dan masukan sehingga menjadi lebih baik lagi, karena sehebat apapun upaya untuk mempersiapkan sesuatu pasti ada ketidaksempurnaan.

Baca juga: Ratusan peserta ikuti kejuaraan balap sepeda di HSU

Sementara itu, Ketua Tim verifikasi lapangan LSS tingkat Provinsi Kalsel melalui Biro Kesra Pemprov dr Rinah, menuturkan penilaian dilakukan terhadap empat sekolah,  yaitu untuk tingkat TK, SD, SMP maupun SMA.

Dalam verifikasi lapangan ini, ujar Rinah, tim pelaksana UKSM sekolah juga melibatkan empat unsur kementerian yang terdiri dari Kemendik, Kemenkes, Kemendagri dan untuk tingkat kabupaten melibatkan bagian Kesra, Kemenag, hingga dinas kesehatan.

Selain itu Rinah menekankan, terkait pembinaan UKS sebagai upaya kepedulian akan pentingnya kebersihan dan kesehatan, dapat dimulai dari hal-hal sederhana dan tanpa perlu modal yang besar khususnya peningkatan PHBS di sekolah.

"Kalau hanya sekadar pembiasan itu tidak perlu dana, yang penting sarananya ada dan tidak perlu mewah," tekannya.

Rinah menambahkan, adapun sasaran penilaian terkait program UKS meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan lingkungan sehat dan manajemen kesehatannya.

Adapun sekolah yang mewakili Kabupaten HSU pada lomba ini adalah Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Nurul Ilmi Kelurahan Sungai Malang Amuntai Tengah, MI Bustanul Ulum Kecamatan Sungai Pandan, MTs Negeri 5 HSU Amuntai Selatan dan SMAN 1 Amuntai Utara.

Baca juga: Kemenag HSU berikan pembinaan rohani di Lapas Kelas IIB Amuntai

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023