Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (Ditjen PSDKP KKP) menggelar kegiatan peduli “Sahabat Nelayan” secara serentak pada 14 Unit Pelaksana Teknis (UPT) atau Pangkalan PSDKP di Indonesia.

Dirjen PSDKP KKP Adin Nurawaluddin melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin, mengatakan kegiatan tersebut sebagai rangkaian Hari Jadi ke-24 KKP yang digelar mulai 20-26 Oktober 2023.

Baca juga: Bulan Bakti KKP 2023, PSDKP salurkan 28,5 ton produk ikan

Adin menuturkan bentuk kegiatan bertemakan “Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan” dalam rangka Hari Jadi ke-24 KKP yang jatuh setiap 26 Oktober.

Rangkaian kegiatan serentak tersebut meliputi wilayah Lampulo, Belawan, Batam, Jakarta, Pontianak, Tarakan, Cilacap, Benoa, Bitung, Kupang, Ambon, Tahuna, Tual, dan Biak,” kata Adin.

Kegiatan tersebut mencakup pelayanan kesehatan nelayan, sunatan massal anak nelayan, donor darah, bea siswa anak nelayan, dan pemberian paket ikan mendukung program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) untuk menekan kasus stunting.

Adin melanjutkan pelaksanaan pelayanan kesehatan memprioritaskan masyarakat sekitar dan para keluarga nelayan dengan menggandeng Puskesmas dan Rumah Sakit setempat.

Pelayanan kesehatan yang disediakan meliputi layanan pemeriksaan umum, pemeriksaan lansia, layanan kesehatan ibu dan anak (KIA), layanan keluarga berencana (KB), pemeriksaan gigi dan mulut, pelayanan laboratorium, hingga pelayanan konseling kejiwaan.

Baca juga: DKPP Tanah Laut carikan solusi konflik penggunaan alat tangkap ikan
Sedangkan, pelaksanaan kegiatan donor darah dan sunatan massal, Ditjen PSDKP KKP menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI), fasilitas kesehatan (faskes), sekolah, dan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

“Sunatan massal diperuntukkan bagi anak nelayan dengan jumlah peserta sebanyak 124 anak yang berusia sekitar 5-12 tahun,” tutur Adin.

Ditjen PSDKP juga menyalurkan beasiswa bagi 51 anak nelayan berprestasi dengan melibatkan sekolah di daerah dan Dinas Pendidikan serta Kebudayaan setempat”, ujar Adin.

Kegiatan lain menggulirkan program “PSDKP Mengajar” untuk memberikan pemahaman kepada siswa mulai dari sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi tentang pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan, serta menjaga keberlanjutan pengelolaan.

Pelaksanaan PSDKP Mengajar meliputi tiga Pangkalan, yakni Batam, Bitung, dan Biak, serta satuan kerja di bawahnya yang diikuti 431 peserta dari SD hingga mahasiswa.

Baca juga: PSDKP Aceh menetapkan nahkoda kapal Malaysia tersangka pencurian ikan

Adin menyebutkan 115 orang di Pangkalan PSDP Batam, 216 orang di Pangkalan PSDKP Bitung, dan 100 orang di Pangkalan PSDKP Biak.

Diungkapkan Adin, materi yang disampaikan, yakni pengenalan terhadap tugas dan fungsi Ditjen PSDKP, lima kebijakan ekonomi biru KKP, peran pengawasan untuk mengawal lima kebijakan ekonomi biru, bahaya penangkapan ikan menggunakan bom dan potasium.

Sedangkan, pemberian beasiswa bagi anak nelayan berprestasi kepada enam siswa SD Kampung Nelayan Maju (Kalaju) Binveri di Pangkalan PSDKP Biak.
Sebelumnya, PSDKP KKP juga menggelar kegiatan pengawasan pencemaran sampah plastik guna mendukung program “Bulan Cinta Laut” (BCL) pada Jumat kemarin.

Baca juga: Balai Karantina Lepas Kepiting Sitaan

Kegiatan tersebut digelar di Pangkalan PSDKP Benoa Pesisir dan Laut Pantai Tanah Ampo Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Bali diikuti 90 peserta.

Adin mengungkapkan kegiatan meliputi mengumpulkan sampah plastik di laut dan pantai, sosialisasi pengelolaan sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem, penyerahan alat kebersihan, pembagian stiker "Stop Buang Sampah Di Laut", memberikan pemahaman siswa soal menjaga kebersihan lingkungan.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, HUT KKP ke-24 yang digelar pada 26 Oktober menjadi momentum untuk memupuk rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan, jiwa korsa pegawai KKP.

Karenanya dibutuhkan program terintegrasi serta kegiatan berdampak langsung dan melibatkan masyarakat maupun pemangku kepentingan lainnya.
Ditej (HO-KKP)

Pewarta: Sinta Ambawarti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023