Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Kalimantan Selatan (Bawaslu Kalsel) Aries Mardiono menyatakan mahasiswa berperan penting menjadi pemilih cerdas pada Pemilu 2024.

"Pemilih cerdas yaitu bisa menyaring para kandidat calon dan partai politik yang berkualitas," kata Aries di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Tapin deklarasi Pemilu 2024 ramah penyandang disabilitas

Oleh karena itu, dalam menentukan pilihan tidak hanya faktor suka atau tidak, namun dinilai dari latar belakang, kemampuan dan kepedulian kepada masyarakat.

Aries juga meminta mahasiswa yang menjadi agen perubahan untuk turut serta dalam mengawasi pemilu.

Apalagi, Aries menuturkan peran anak-anak muda diharapkan sebagai pengawas partisipatif yang membantu tugas Bawaslu mengawasi dan menindak pelanggaran pemilu.

Baca juga: Pemprov Kalsel gandeng media massa tangkal hoaks Pemilu 2024

Kemudian melawan politik uang dan mampu membentengi diri sehingga tidak mudah terbawa arus informasi keliru ataupun ujaran kebencian, hoaks dan SARA yang dapat mencederai demokrasi.

Diakui Aries, suara anak muda termasuk di dalamnya kelompok mahasiswa sangat menentukan lantaran jumlah mayoritas pada pemilu tahun depan.

"Saatnya anak muda menentukan masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik dengan komitmen jadi pemilih cerdas sekaligus mencerdaskan masyarakat lainnya," ucapnya.

Baca juga: Pesan MUI Kalsel untuk Pemilu berkualitas hindari politik uang

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023