Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo memerintahkan optimalisasi pengamanan logistik pemilu yang kini tersimpan di gudang logistik milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Saya sudah perintahkan anggota jaga betul keamanan gudang logistik pemilu, jangan sampai terjadi hal-hal tak diinginkan," kata dia di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Forkopimda HST prioritaskan pengamanan jelang Pemilu 2024

Dijelaskan Sabana, pengamanan dilakukan dengan sistem terbuka dan tertutup yang memastikan pengawasan di sekitar lokasi gudang maksimal selama 1x24 jam.

Dia pun berharap petugas KPU dapat senantiasa menjalin komunikasi dengan anggotanya dalam upaya mengawal keamanan seluruh tahapan jelang pemilu termasuk memastikan logistik sebagai alat kelengkapan pemilu tersimpan dengan baik.

Kapolresta menyebut Operasi Mantap Brata 2023-2024 untuk pengamanan Pemilu 2024 telah dimulai, sehingga pihaknya dalam status siap siaga dan personel yang terlibat penugasan kini secara proaktif mengawal seluruh tahapan pemilu agar berjalan lancar.

"Insya Allah kota ini terjaga kondusif dan masyarakat semua berkomitmen untuk sama-sama menyukseskan pemilu damai, sejuk dan aman," ujarnya.

Baca juga: Polda Kalsel mantapkan kesiapan personel dan peralatan wujudkan pemilu damai
 
Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo meninjau gudang logistik pemilu milik KPU. (ANTARA/Firman)


Sementara Ketua KPU Kota Banjarmasin Rusnailah mengatakan sebanyak 7.760 bilik suara telah diterima pihaknya dari KPU Kalimantan Selatan untuk disimpan di gudang logistik pemilu di Jalan Pramuka, Kelurahan Pemurus Luar, Banjarmasin Timur.

"Kami berterima kasih kepada Polresta Banjarmasin yang telah mengawal keamanan logistik pemilu tahap pertama berupa bilik suara dan seluruh tahapan pemilu lainnya sehingga dapat berjalan aman dan lancar," ucapnya.

KPU mencatat daftar pemilih tetap (DPT) di Banjarmasin untuk Pemilu 2024 tertinggi di Kalimantan Selatan yaitu sebanyak 485.062 orang terdiri dari laki-laki 237.648 orang dan perempuan 247.414 orang.

Pemilih akan menyalurkan hak suaranya di 1.940 tempat pemungutan suara (TPS) tersebar di 52 kelurahan pada lima kecamatan.

Baca juga: Pj Bupati: Forkopimda Tanah Laut berkomitmen penyelenggaraan Pemilu 2024 sukses

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023