Lulusan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin Kalimantan Selatan mayoritas langsung bekerja atau mendapatkan pekerjaan setelah tiga bulan wisuda yang menandai keberhasilan alumni berkarier dengan titel sarjana.

"Alhamdulillah berdasarkan data yang ada, 43 persen lebih lulusan mendapatkan pekerjaan kurang dari tiga bulan setelah lulus alias diwisuda," kata Rektor ULM Prof. Ahmad Alim Bachri saat Wisuda ke-114 periode 2023 di Banjarbaru, Jumat.

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat masuk prioritas menjadi PTN-BH

Sedangkan sisanya, tambah Rektor ULM, ada yang bekerja setelah enam bulan termasuk juga memilih melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi, yaitu program pascasarjana.

Menurut dia, lulusan ULM yang langsung bekerja maupun studi lanjut memiliki kompetensi yang sama bagus.

Alim menuturkan apalagi lulusan ULM bisa bekerja sambil melanjutkan pendidikan maka lebih baik.
Rektor ULM Prof. Ahmad Alim Bachri bersama Ketua Senat ULM Prof Hadin Muhjad saat gelaran Wisuda ke-114 pada Jumat (20/10/2023). (ANTARA/Firman)

Alim mengakui alumni ULM sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terakreditasi A banyak ditunggu sektor pekerjaan untuk instansi pemerintah maupun swasta yang memerlukan para sarjana dengan kompetensi terbaik alias profesional sesuai bidangnya.

Dia pun menjamin kualitas lulusan ULM yang sudah ditempa lewat program "Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka" (MBKM), sehingga mumpuni pada bidang akademis juga dibekali karakter penuh kreativitas hingga kepribadian dan jiwa sosial tinggi.

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat miliki 114 profesor di Wisuda ke-114

"Prinsipnya, lulusan perguruan tinggi harus hadir sebagai mata air bagi kemajuan dan pembangunan bangsa yang turut mewarnai budaya dan peradaban bangsa secara langsung," ujarnya.

Pada Wisuda ke-114 tahun 2023, ULM meluluskan sebanyak 1.300 wisudawan terdiri dari program diploma, program sarjana hingga program pascasarjana.

Adapun wisudawan terbaik tingkat universitas diraih Saidatun Navisah dari Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dengan IPK 4,00 dengan waktu studi selama dua tahun.

Baca juga: ULM kenalkan penanaman hijauan tiga strata untuk pakan kambing

Video:  

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023