Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan H Jurni  meminta Dewan Permusyawaratan Desa atau  tergabung dalam Persatuan Anggota  Dewan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) bisa meningkatkan kapasitas anggotanya dengan dukungan dana desa.

Hal itu diungkapkan Jurni saat  menghadiri pendidikan politik bagi anggota PABPDSI Tabalong di Desa Bangkar, Kecamatan Muara Uya, Kamis 

"Untuk kegiatan yang positif dan bernilai meningkatkan kapasitas anggota BPD buatkan anggarannya, duit kita banyak , jangan pakai duit pribadi,"  ujar Jurni.

Baca juga: Program MBKM Sociopreneur Bekali Santri Ponpes Al Islam Membuat Olahan Ikan

Apalagi menurutnya anggaran untuk desa bertambah seiring dengan peningkatan APBD Kabupaten Tabalong

Menurut anggota DPRD Tabalong dari Fraksi Golkar ini peningkatan kualitas anggota BPD menjadi  penting dalam perannya sebagai unsur penyelenggara pemerintahan di desa.  

Dengan demikian sinergi dapat dibangun dengan lebih baik, demikian juga fungsi-fungsinya berjalan optimal.

Ketua PABDSI Kabupaten Tabalong, Suriani juga mengatakan kegiatan pendidikan politik yang mereka gelar agar BPD sebagai salah satu unsur pemerintahan di desa dapat mengambil peran menumbuhkan kesadaran politik yang cerdas kepada masyarakatnya.

Menurutnya masih banyak pihak yang salah kaprah dengan politik. 

Baca juga: Pemkab Tabalong operasikan 10 armada AKDP lewat inovasi Langsat Manis

Bahkan ada anggota BPD takut dengan tema seperti pendidikan politik, padahal tanpa pendidikan politik yang baik, tidak mungkin kualitas kehidupan berbangsa menjadi lebih baik.

Ia pun mengaku baru kali ini mendapatkan banyak pencerahan tentang  hakikat politik itu sendiri.

Ternyata, mulai dari filsafat dan teori - teorinya justru berpolitik adalah jalan kebaikan, tidak seperti yang selama ini kita dengar.

 "Politik itu ternyata tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita sebagai ikhtiar mewujudkan kebaikan bersama sama. Selama ini politik itu dipersepsikan  kotor, jahat dan tidak baik," ungkapnya.

Pendidikan politik PABDSI ini merupakan inisiasi sendiri yang digelar melalui pembiayaan mandiri dengan mengundang Koordinatir Presidium Majelis Daerah KAHMI Tabalong, Kadarisman sebagai pemateri.

Baca juga: KPU Tabalong "diserbu" pengunjuk rasa
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023