Para pemuka suku yang ada di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan melakukan deklarasi damai untuk menyambut pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Penjabat Bupati Tapin Syariffudin menyambut baik komitmen pemuka suku suku yang beragam di Tapin ini, ia menilai saat ini kehidupan yang rukun sudah tertanam dan subur sejak bahari hingga sekarang.
 

"Hubungan yang harmonis ini harus dijaga dan dirawat dengan baik, terlebih saat Pemilu 2024 jangan sampai ada perpecahan," ungkapnya di Rantau, Rabu.

Baca juga: KPU Tapin terima 2.548 bilik suara Pemilu 2024

Aksi deklarasi Pemilu damai pada 2024 itu, diantaranya diikuti oleh pemuka dari Suku Dayak, Suku Banjar, Suku Jawa, Suku Batak, Suku Batak, Suku Sunda, Suku Minang dan Suku Bugis. 

Syariffudin mengungkapkan untuk menguatkan pluralisme antarsuku pada rangkaian HUT Tapin ke-58 akan digelar acara parade suku-suku yang menampilkan beragam budaya hingga atraksi.

"Semoga bisa terlaksana, kita agendakan saat perayaan Hari Jadi Kabupaten Tapin," ujarnya. 

Baca juga: Tapin deklarasi Pemilu 2024 ramah penyandang disabilitas

Syariffudin katakan, selain untuk menguatkan pluralisme, kegiatan ini nantinya juga akan meningkatkan eksistensi budaya masing-masing suku. 

"Mari kita ciptakan suasana yang kondusif, aman dan damai. Baik saat momentum Pemilu 2024 maupun di kehidupan sehari-hari," bebernya. 

Baca juga: Bawaslu Tapin perintah PKD jaga integritas kawal Pemilu 2024

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023