Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Hermansyah melepas 297 peserta Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Angkatan XXV Semester Ganjil Tahun 2023-2024, STAI Darul Ulum Kandangan.

"Para mahasiswa ini akan melaksanakan KKN di enam kecamatan yang ada di Kabupaten HSS, dan empat kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel)," kata Ketua STAI Darul Ulum Kandangan H Mukhsin Aseri, mengutip pers release Prokopim Setda HSS, di Kandangan, Rabu.

Dijelaskan dia, kegiatan ini terbagi dua yaitu KKN regular 60 hari, dan KKN model khusus 100 hari bagi ustadz-ponpes yang berstatus sudah ASN/P3K.

Pj Bupati HSS H Hermansyah, mengatakan apa yang sudah diberikan pelajaran oleh fakultas harus diaktualisasikan di lapangan, bagi para mahasiswa yang memiliki dimensi intelektual dan spiritual.

Baca juga: LBH STAI Darul Ulum Kandangan rencanakan akreditasi lembaga

"Sekarang ketika masuk dalam dunia KKN, kalian akan menemui dengan dunia dimensi sosial, jadi KKN ini akan menggabungkan dimensi intelektual, dimensi spiritual dan dimensi sosial, dan ini akan menjadikan kali menjadi pemuda-pemudi yang berkarakter," ujarnya.

Ia berharap KKN ini mampu memberikan dampak positif terhadap kehidupan di enam kecamatan, serta di empat kabupaten yang menjadi lokasi KKN.

Pihaknya ingin para mahasiswa KKN bisa mentransfer kebaikan-kebaikan STAI Darul Ulum Kandangan, kebaikan-kebaikan yang ada dan sudah terima di perguruan tinggi agar diimplementasikan di lingkungan masyarakat di sekitar tempat KKN.

Dalam kesempatan itu pula, ia berpesan kepada para mahasiswa KKN, agar dapat menjaga nama baik lembaga, sekaligus juga menghormati norma yang berlaku di tempat KKN.

Baca juga: Bupati HSS hadiri halal bihalal dan reuni akbar Darul Ulum Kandangan

"Ini perlu jadi perhatian kalian, agar tidak terjadi hal-hal yang dapat berpotensi menimbulkan konflik di masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan jika ada kendala maupun kesulitan yang dialami, agar dapat dicari jalan keluar terbaik dan jalin komunikasi dengan para mahasiswa maupun para supervisor KKN, sehingga kebersamaan dan kekeluargaan dapat terjalin dengan baik.

Turut hadir, Ketua MUI HSS, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, unsur TNI/Polri, Kemenag HSS, asisten 1, Pimpinan Bank Kalsel Syariah, Wakil Ketua STAI Darul Ulum, unsur Baznas, Ketua BKN STAI Darul Ulum, Ketua Lembaga Penjamin Mutu, camat, dan kepala desa lokasi KKN.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023