Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (Pemkab HSU), Kalimantan Selatan bekerja sama dengan PT Adaro Indonesia memberikan pelayanan operasi gratis kepada 51 penderita penyakit katarak untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59.

“Kegiatan ini untuk mencegah semakin menumpuknya penderita penyakit katarak di Hulu Sungai Utara,” kata Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara Zakly Asswan di Amuntai, Hulu Sungai Utara, Sabtu.

Baca juga: Dinkes laksanakan operasi katarak gratis

Zakly menyebutkan katarak merupakan penyakit yang dapat memasuki ranah sosial sehingga mengganggu produktivitas kerja para penderita, termasuk berdampak pada kondisi perekonomian lingkungan.

“Pemerintah daerah berkomitmen memberikan pelayanan dasar kesehatan kepada masyarakat, salah satunya seperti pengobatan gratis penyakit katarak,” ucapnya.

Dia meminta para pelaku usaha atau perusahaan swasta seperti PT Adaro Indonesia terus memberikan dukungan kepada pemerintah untuk membangun daerah dalam berbagai sektor.

Menurut Zakly, dengan kolaborasi antara pemerintah dengan lembaga lain, hal itu dapat meringankan beban keuangan negara dan beban sosial masyarakat.

Baca juga: Operasi Katarak Gratis Harjad HSU ke 64

Dirinya berharap operasi katarak gratis yang ditujukan kepada masyarakat Hulu Sungai Utara memberikan dampak positif.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten HSU Mochammad Yandi Friyadi kegiatan operasi katarak gratis itu menjaring seluruh kecamatan yang ada di Hulu Sungai Utara pada Jumat kemarin.

Dia mengatakan kegiatan operasi katarak gratis di Hulu Sungai Utara memasuki tahun yang ketiga usai beberapa kali dihentikan karena pandemi COVID-19.

“Semoga pengobatan gratis katarak di Hulu Sungai Utara dapat dilakukan setiap tahun untuk menyelamatkan masyarakat dari kebutaan,” ujar Yandi.

Baca juga: Polres HSU kedepankan sikap humanis edukasi pengguna lalu lintas

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023