Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan bakti sosial Operasi Katarak gratis dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 56.

"Kegiatan operasi katarak dilaksanakan 28 - 29 Oktober dengan jumlah pasien sebanyak 36 orang, " ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten HSU dr Agus Fidliansyah di Amuntai, Rabu (28/10).

Agus mengatakan pelaksanaan Operasi Katarak dengan menerapkan standar protokol kesehatan cegah penyebaran COVID-19.

Para pasien operasi katarak diwajibkan mengikuti serangkaian tahapan pemeriksaan medis dan protokol kesehatan seperti melakukan tes Swab.
 
Warga yang antri mengikuti Bakti Sosial Operasi Katarak gratis di RSUD Pambalah Batung Amuntai, Rabu (28/10) (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

"Harus dilakukan skrining dulu kepada pasien Operasi Katarak  serta  memeriksa kondisi pasien baik secara umum seperti tidak menderita diabetes, kencing manis, tidak hipertensi dan katarak nya siap untuk di operasi," jelasnya.

Menurut Agus, meski ditengah kewaspadaan penyebaran Pandemi COVID-19 namun hendaknya pelayanan kesehatan lain yang dibutuhkan masyarakat tidak diabaikan seperti Operasi Katarak ini.

Apalagi, lanjut Agus, pelayanan baksi sosial Operasi Katarak gratis ini secara rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Dinas Kesehatan.

Direktur RSUD Pambah Batung Amuntai dr. M Yandi Friyandi mengatakan tidak hanya pasien tapi para petugas kesehatan yang melakukan operasi besar ataupun kecil wajib melakukan tes swab.
 
Pasien yang selesai menjalani Operasi Katarak gratis di RSUD Pambalah Batung Amuntai, Rabu (28/10) (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

 "Alhamdulliah semua petugas kesehatan yang melakukan operasi katarak ini dinyatakan negatif COVID-19," kata Yandi.

Kasi Pelayanan Kesehatan Premier Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Sarkiyah mengatakan jumlah pasien Operasi Katarak gratis tahun ini sengaja dikurangi jumlahnya akibat kondisi Pandemi COVID-19.

"Awalnya ditargetkan berjumlah 75 orang pasien, menjadi hanya 36 orang, selain itu beberapa dana harus terpotong termasuk untuk kegiatan baksos Operasi Katarak yang mengakibatkan pengurangan jumlah penerima operasi katarak gratis," katanya.

Selain melaksanakan Operasi Katarak Gratis, dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 56 , Dinkes HSU juga  melaksanakan kegiatan khitan massal bagi 136 anak  pada 27 Oktober di Puskesmas Alabio.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020