Banjarmasin, (AntaranewsKalsel) - Pejabat sementara (Pjs) Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Selatan H M Noor Fahmi mengungkapkan, satu kelompok terbang (Kloter) Calon Jemaah Haji (CJH) Embarkasi Banjarmasin, menempati pemondokan relatif agak jauh dari Masjidil Haram, Mekkah.

"Hanya satu kloter CJH asal Kalsel, yakni, kloter dua yang menempati pemondokan di daerah Siysyah, jaraknya kurang lebih empat kilometer dari Masjidil Haram, Mekkah, ini pemondokan paling terjauh, sementara kloter yang lain lebih dekat," ujarnya di Banjarmasin, Senin.

Menurut dia, dari empat belas kloter yang bertolak di Embarkasi Banjarmasin, sebelas kloter jamaah asal Kalsel, tiga kloter lainnya dari Kalimantan Tengah.

Khusus untuk CJH asal Kalsel akan menempati sebanyak lima wilayah pemondokan saat berada di Mekkah nantinya.

"Kabar yang kita dapat, saat ini baru empat kloter yang sudah ke Mekkah, yang lainnya masih di Madinah, kloter 2 gabungan jamaah dari daerah Hulu Sungai Utara dan Banjarmasin mendapatkan pemondokan haji terjauh itu," paparnya.

Sementara itu, kata dia, jarak terjauh kedua itu ditempati tiga kloter lainnya, yakni, Kloter 4,10, dan 14 di daerah Aziziah yang jaraknya sekitar 3 KM dari Masjidil Haram, yang lainnya menempati pemondokan di daerah yang jaraknya antara 1-2 KM di wilayah Misfalah, Jarwal, dan Mahbas Jin.

Terkait pemondokan CJH tersebut, Fahmi menyatakan, para jamaah yang mendapat pemondokan jauh dari Mesjidil Haram, yakni, di atas 2 kilometer disiapkan trasportasi bus yang beroprasi melayani perjalanan selama 24 jam untuk kelangsungan beribadah.

"Bus Sholawat namanya, bus gratis yang mengantar para jamaah, hingga tidak perlu dikawatirkan mereka akan kepayahan untuk mendatangi Mesjidil Haram dengan harus berjalan kaki," ucapnya.

Dinyatakan Fahmi, sampai saat ini semua CJH Kalsel yang jumlahnya sebanyak 3.048 orang dinyatakan baik-baik saja, artinya tidak ada yang sampai mendapat perawatan hingga masuk rumah sakit, karena semuanya dapat ditangani tim kesehatan kloter masing-masing.

"Kita harap semuanya bisa berjalan dengan lancar, tidak ada jamaah kita yang jatuh sakit, moga mereka bisa pulang dengan selamat membawa haji yang mabrur, amin.," ucapnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016