Dinas Perindustrian Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan rencanakan pemetaan kawasan industri untuk industri kecil menengah (IKM) sebagai upaya mendongkrak potensi ekonomi masyarakat. 

Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Tapin Yustan Azidin mengatakan pemetaan tersebut dilakukan untuk mempermudah pada saat melakukan kajian industri. 

"Kita lakukan pemetaan dan kajian industri per zonasi kecamatan," ungkapnya kepada ANTARA di Rantau, Selasa. 

Baca juga: Pelajar kenalkan sasirangan Cintawari Tapin ke kancah internasional
Baca juga: Mewarisi semangat juang Cintawari lewat kain sasirangan

Yustan mengungkapkan, pemetaan hingga kajian industri ini agar saat pembentukan program - program hingga realisasinya dapat tepat sasaran.

"Sebelumnya memang belum ada, kita bangun dari awal dari hal-hal dasar," ungkap Kepala Dinas Perindustrian yang baru menjabat ini.

Menyusul rencana itu, kata Yustan, pihaknya akan gencar melakukan pendamping, bimbingan untuk meningkatkan kualitas koperasi, UMKM hingga IKM di setiap wilayah di 12 kecamatan di Kabupaten Tapin.

Baca juga: Pemkab Tapin bawa produk andalan UMKM di Kalsel Expo 2023

"Produk dari pelaku usaha kita yang ada di Tapin memiliki potensi, baik di sektor kuliner, kriya, fashion dan desain," ungkapnya. 

Yustan harapkan, ke depan di Kabupaten Tapin dapat terbangun ekosistem ekonomi kreatif yang subur, sehat dan berdampak langsung kepada peningkatan kualitas masyarakat. 


 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023