Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mendistribusikan bantuan bibit ayam kampung unggul  ke tiga desa yakni Desa Dambung Raya, Desa Hegarmanah dan Desa Panaan Kecamatan Bintang Ara.

Fungsional Pengawas Bibit Ternak Bidang Sarana Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten  Tabalong  Fahriadi mengatakan bantuan 
 dari.dana insentif daerah inflasi daerah APBD II Tabalong

"Total bantuan sebanyak 5.001 ekor ayam kampung unggul untuk tiga desa," jelas Fahriadi di Tabalong, Selasa.

Masing-masing Desa Hegarmanah 1.500 ekor, Desa Dambung Raya 1.500 ekor dan Desa Panaan 2.001 ekor.

Sebelumnya penyerahan bantuan bibit ayam kampung   secara simbolis oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat kunjungan kerja ke Desa Dambung Raya Kecamatan Bintang Ara.

Terpisah Camat Kelua Suwandi mengharapkan bantuan serupa juga bisa diberikan di wilayah Selatan Tabalong untuk meningkatkan pendapatan masyarakat lokal.

"Selain beternak itik wilayah Selatan Tabalong khususnya Kelua juga potensial untuk pengembangan ternak ayam kampung karena nilai jualnya cukup tinggi," jelas Suwandi.

Termasuk pengembangan ternak sapi menurut Suwandi juga cukup cocok mengingat posisi Kecamatan Kelua yang strategis berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah.

"Beberapa desa di Kecamatan Kelua berada di lahan kering jadi cukup cocok untuk pengembangan ternak sapi," tambah Suwandi.

Tahun ini Dinas Perkebunan dan Peternakan  Kabupaten Tabalong  telah  menyalurkan  103  bibit ternak sapi untuk program penggemukan di Kecamatan Muara Uya, Haruai dan Upau.

Termasuk bantuan kambing betina siap kawin 89 ekor dan  kambing jantan 10 ekor untuk mengembangkan budidaya kambing serta  memenuhi kebutuhan daging kambing ke  Ibukota Nusantara.
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023