Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, di Lapangan Lambung Mangkurat, Alun-alun Kota Kandangan.

Penjabat (Pj) Bupati HSS H Hermansyah bertindak sebagai pembina upacara pada peringatan yang mengusung tema " Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju".

Baca juga: Pj Bupati Tanah Laut: Peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai sarana mendo'akan para pahlawan

"Tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila kita ini sangat relevan dalam kondisi saat ini, di mana persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap dijaga dan pelihara bersama karena merupakan modal mewujudkan Indonesia maju," kata Hermansyah, di Kandangan, Senin.

Dijelaskan dia, disadari bahwa setiap orang berbeda, baik berbeda dalam hal fisik maupun dalam hal pemikiran maupun pendapat, namun itu semua harus dikesampingkan.

Dan menurut dia, sudah sepantasnya Pancasila dijadikan sebagai alat pemersatu, karena Pancasila telah terbukti sakti dalam melawan pengkhianatan bangsa dan tetap menjadi ideologi hingga saat ini.

Ia mengajak untuk selalu menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila dan jiwa Pancasila, dibawa untuk setiap perilaku dan perbuatan di tengah derasnya arus perubahan zaman yang juga membawa dampak negatif bagi generasi muda.

"Pancasila akan tetap menjadi benteng kokoh yang akan mempertahankan negara kita, selama kita tetap melaksanakannya secara murni dan konsekuen," ujarnya.

Upacara hari ini dirangkai dengan upacara peringatan Hari Batik Nasional sehingga semua peserta upacara memakai baju batik untuk mempertahan warisan budaya Indonesia.

Upacara turut diikuti Ketua DPRD HSS H. Ahmad Fahmi, unsur forkopimda, Sekda HSS H. Muhammad Noor, Pj Ketua TP PKK HSS Hj. Rusnawati Hermansyah, para asisten, staf ahli, para kepala OPD, pimpinan instansi vertikal dan unsur undangan lainnya.

Baca juga: Waket DPRD Banjarbaru minta Hari Kesaktian Pancasila jadi sarana pemersatu bangsa

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023