Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Syamsir Rahman mengatakan, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila digelar sebagai sarana mengenang dan mendo'akan para pahlawan telah gugur mempertahankan idiologi negara.

“Ini sebagai  bentuk memperingati dan mengenang para pahlawan-pahlawan kita gugur pada saat itu," ujar H Syamsir Rahman, saat bertindak sebagai inspektur pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023,  di Halaman Kantor Bupati setempat, Senin.

Baca juga: Waket DPRD Banjarbaru minta Hari Kesaktian Pancasila jadi sarana pemersatu bangsa

Menurut dia, mereka gugur sebagai pahlawan bangsa demi mempertahankan negara dan ideologi Pancasila.

"Kita berdo'a semoga jasa para pahlawan dan amal baik mereka diterima disisi Yang Maha Kuasa,” katanya.

Dia mengajak, kepada seluruh masyarakat untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

"Sebagai generasi penerus, kita semua harus meneruskan perjuangan kemerdekaan didapatkan oleh para pahlawan kita terdahulu," ucapnya.

Secara harfiah, papar dia, seluruh elemen masyarakat tetap memegang teguh Pancasila dan terus melaksanakan pembangunan sesuai dengan kewenangan masing-masing.

"Mari kita isi kemerdekaan ini dengan tetap memegang teguh Pancasila di hati,” pungkas Syamsir.

Upacara diikuti segenap jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tanah Laut, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) hingga seluruh Apatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut serta Organisasi Kepemudaan di Tanah Laut. 

Baca juga: Ketua DPRD Banjarbaru minta generasi muda jaga persatuan dan kesatuan bangsa

Pada rangkaian peringatan  itu juga dirangkai dengan penandatanganan  nota kesepakatan antara Pemkab Tanah Laut dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banjarmasin tentang Gerai Penerbitan Gross Akta Pendaftaran Kapal Nelayan dengan ukuran sampai tiga puluh gross tonnage. 

Selain itu, juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepakatan antara Pemkab Tanah Laut dengan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Kintap tentang Gerai Penerbitan Pas Besar Permanen untuk Kapal Penangkap Ikan dengan ukuran sampai dengan tiga puluh gross tonnage.
Penjabat Bupati Tanah Laut H Syamsir Rahman melakukan penandatangan nota kesepakatan dengannota kesepakatan antara Pemkab Tanah Laut dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banjarmasin selepas upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023,  di Halaman Kantor Bupati setempat, Senin (2/10/2023).(ANTARA/HO-Diskominfo Tanah Laut).

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023