Ketua DPRD Banjarbaru, Kalimantan Selatan Fadliansyah meminta agar generasi muda terus menjaga rasa persatuan dan kesatuan bangsa di tengah momentum Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023.
 
"Generasi muda khususnya di Kota Banjarbaru harus mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta tetap setia membela Pancasila sebagai dasar dan falsafah negara," ujarnya di Banjarbaru, Ahad.
 
Pernyataan itu menjawab makna peringatan Hari Kesaktian Pancasila terutama pesan moral bagi seluruh generasi muda sehingga bisa terus bersama-sama menjaga keutuhan dan kekuatan Pancasila. 
 
Menurut Fadliansyah, momentum Hari Kesaktian Pancasila sejatinya mengingatkan semangat untuk rela berjuang dan berani berkorban demi menjaga ideologi bangsa sehingga terus terpatri di sanubari.
 
"Semangat perjuangan pahlawan revolusi dalam mempertahankan Pancasila harus menjadi inspirasi bagi kita semua untuk berkontribusi dalam membangun bangsa dan negara Indonesia," pesannya.
 
Fadliansyah menekankan, masa depan Indonesia bergantung pada segenap kemampuan, semangat, dan dedikasi generasi muda dalam menjalankan peran mereka sebagai penerus bangsa.
 
"Tantangan dan tugas yang dihadapi generasi muda saat ini tidak ringan, namun dengan semangat dan tekad yang kuat, mereka memiliki potensi meraih kemajuan yang luar biasa bagi Indonesia," tegasnya.
 
Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Lapangan Dr Murdjani Banjarbaru dipimpin Wali Kota Muhammad Aditya Mufti Ariffin yang bertindak sebagai inspektur upacara.
 
Ketua DPRD Fadliansyah didaulat membacakan Pancasila diikuti peserta upacara dilanjutkan ikrar kesaktian Pancasila yang dibacakan Wakil Ketua II DPRD Banjarbaru Napsiani Samandi.
 
Seluruh peserta upacara khidmat mengenang peristiwa bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia akhir September tahun 1965, ketika tujuh perwira TNI-AD yang setia kepada Pancasila, tewas dalam G30S/PKI.
 

 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023