PT Antang Gunung Meratus (AGM) memberikan pelatihan manajemen bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Hulu Sungai Selatan (HSS) di wilayah ring satu operasional perusahaan.

Pelatihan ini dalam rangka mendukung UMKM di HSS naik kelas, dapat berhasil berproses meningkatkan kualitas produk atau layanan, produktif dan efisiensi operasional.

"Selain itu, mereka dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik, membangun merek yang kuat, dan meningkatkan pangsa pasar untuk produk yang dihasilkan," kata CSR Section Head PT AGM Widharto Ali, di Ida Manggala, Sungai Raya, Jum'at.
 
Pelatihan manajemen PT AGM bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Hulu Sungai Selatan (HSS),
di Ida Manggala, Sungai Raya, HSS, Kalimantan Selatan, Selasa (26/9/2023).
 (ANTARA/HO-PT ANTANG GUNUNG MERATUS)


Baca juga: Partisipasi PT AGM di jalan sehat apresiasi kepemimpinan Bupati HSS

Dijelaskan dia, UMKM merupakan pilar penting pertumbuhan ekonomi Indonesia, sehingga pemerintah terus mendorong agar naik kelas, dan menurut data Kementerian Koperasi dan UMKM terdapat 65,7 juta atau 99 persen unit usaha yang ada di Indonesia.

Selaras dengan program pemerintah, pihaknya dari PT AGM juga ikut mendukung program pemerintah, dengan memberikan pelatihan manajemen UMKM pada pelaku Usaha tersebut.

"Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan dalam pengelolaan UMKM, dari mengelola keuangan usaha, legalitas, sampai cara mengakses pasar, serta tujuan pelatihan untuk mempersiapkan usaha berkelanjutan bagi masyarakat" ujarnya.

Dalam pelatihan ini, PT AGM menggandeng Dinas Tenaga kerja, Koperasi dan UKM HSS dalam memberikan pemahaman kepada peserta pelatihan terkait legalitas UMKM.

Juga jaringan pemasaran serta peran pemerintah daerah memberikan akses modal tanpa bunga kepada pelaku UMKM di Kabupatan HSS.
 
Pelatihan manajemen PT AGM bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Hulu Sungai Selatan (HSS),
di Ida Manggala, Sungai Raya, HSS, Kalimantan Selatan, Selasa (26/9/2023).
 (ANTARA/HO-PT ANTANG GUNUNG MERATUS)


Baca juga: Bupati Tapin resmikan Tunnel AGM 101

"Kegiatan kita ini salah satu implementasi program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT AGM pilar kemandirian ekonomi," ungkap CSR Section Head PT AGM yang akrab disapa Ali.

Ditambahkan dia, Ini bentuk komitmen perusahaan dalam tanggung jawab sosial  perusahaan, dalam menyiapkan keberlangsungan bisnis masyarakat di wilayah operasional PT AGM.

Dalam rangkaian pelatihan, juga turut hadir dalam pelatihan Kabid Pemanfaatan Hutan KPH HSS, yang berbagi informasi tentang potensi bisnis madu kelulut  bagi UMKM.

Baca juga: PT AGM stocks 25 thousand freshwater fish seeds in Amandit River

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023