Provinsi Kalimantan Selatan siap menggelar lomba baca puisi tingkat nasional memperebutkan piala Paman Birin 2 tahun 2023 atau piala Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dengan total hadiah Rp65 juta.
 
"Rencananya di bulan November 2023 kita selenggarakan," ujar panitia Lomba Baca Puisi Piala Paman Birin 2 tahun 2023, Yadi Muriyadi di Banjarmasin, Kamis.
 
Menurut dia, lomba baca puisi ini ditarget peserta lebih dari sebelumnya, jika sebelumnya atau lomba baca puisi Piala Paman Birin 1 tahun 2021 sebanyak 1.251 orang.
 
"Tahun ini kita target lebih agar lebih meriah," ujarnya.
 
Dia pun menyampaikan, pihak panitia sudah menyebarkan adanya lomba ini ke seluruh Indonesia, baik melalui media sosial hingga surat resmi ke dewan kesenian di berbagai provinsi.
 
"Sudah kita sampaikan kepada teman-teman seniman atau sastrawan diantaranya di Jawa Barat bahkan teman-teman di provinsi di wilayah Sumatera," ungkap dia.
 
Yadi pun berharap para seniman khususnya di provinsi Kalsel berpartisipasi atas lomba ini, karena lomba tersebut bisa diikuti dengan mudah.
 
"Cukup mengirimkan Vidio membaca puisi yang ditentukan temanya," kata dia.
 
Menurut dia, tema puisi yang ditentukan adalah puisi tentang Syekh Arsyad Al-Banjari, ulama besar di Tanah Banjar yang lebih dikenal Datu Kalampayan di Kabupaten Banjar.
 
Ditambahkan koordinator panitia lomba lainnya, Hariansyah, bahwa para peserta harus membawakan puisi dari buku kumpulan puisi tentang Syekh Arsyad Al-Banjari yang sudah ada diterbitkan.
 
Untuk peserta yang ingin mengikuti lomba ini, kata dia, khususnya yang di luar daerah Kalsel, panitia akan menyiapkan sarananya di website khusus baik Instagram atau lainnya yang resmi.
 
"Saat ini masih kita persiapkan itu," ujarnya.
 
Peserta terbaik nantinya akan dipilih juri untuk hadir langsung di Kalsel pada puncak lomba tersebut, demikian katanya.
 
 
 

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023