Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan komputer operator assistant.

"Saat ini jumlah peserta pelatihan sebanyak 16 orang yang masuk kategori data kemiskinan ekstrem," kata Bupati Tanah Bumbu H. M Zairullah Azhar, di Batulicin Rabu.

Ia mengatakan, pelatihan komputer operator assistant dilaksanakan selama lima 35 hari sejak 25 September-30 Oktober 2023 di Labolatorium Komputer SMA Negeri 1 Kuranji.

Menurut Zairullah, memanfaatkan dan peran teknologi informasi dan komunikasi pada era revolusi industri 4.0 dapat memudahkan dan mempercepat penyelesaian pekerjaan organisasi ataupun instansi sangat di butuhkan.

oleh sebab itu sedini mungkin, pemerintah daerah juga mempersiapkan SDM untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

"Kami berharap, melalui pelatihan komputer menjadi bekal keterampilan yang di miliki dalam mencari pekerjaan maupun membuka usaha sendiri," harapnya.

Setelah mengikuti pelatihan ini,  setidaknya yang bersangkutan memiliki keterampilan yang dapat bersaing untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja yang memiliki kualifikasi yang baik sesuai dengan kebutuhan pemberi kerja.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023