Ketua DPRD Hulu Sungai Selatan (HSS) Haji Akhmad Fahmi (HAF) mengharapkan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 Kabupaten HSS dapat dilakukan dengan menjalin komunikasi dengan semua pihak.

“Komunikasi dilakukan untuk menghasilkan RPJPD 2025-2045 yang strategis sesuai visi dan misi kepala daerah,” ujarnya usai mengikuti Kick Off Meeting penyusunan awal RPJPD 2025-2045 mengutip pers release Setwan DPRD HSS, di Kandangan, Selasa.

Dijelaskan HAF, melalui komunikasi arah kebijakan dan sasaran pokok daerah yang partisipatif selaras dengan RPJPD Provinsi Kalsel, yang juga memiliki peran penting dalam mencapai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) menuju Indonesia emas 2045.

Baca juga: DPRD HSS harapkan pengabdian terbaik pj bupati untuk masyarakat HSS

Serta, berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014, tentang pemerintahan daerah pasal satu angka empat, menyebutkan bahwa DPRD berkedudukan sebagai unsur pemerintahan, yang tentu harus dilibatkan dalam proses dan tahapan penyusunan dokumen-dokumen.

“Dengan melibatkan DPRD dari awal dalam penyusunan, dapat mengakomodir masukan berupa aspirasi yang diharapkan masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, masukan dan aspirasi dari masyarakat, baik organisasi formal dan non formal, swasta dan akademisi dapat pula diakomodir dalam penyusunannya.

Baca juga: DPRD HSS harapkan Penjabat Bupati lanjutkan program pembangunan

Hal ini dimaksudkan, karena ke depan tantangan Kabupaten HSS menjadi tidak ringan, apalagi berada pada wilayah sebagai salah satu gerbang menuju Ibukota Negara Indonesia (IKN).

“Semoga kebijakan perencanaan dan prioritas pembangunan menjadi komitmen bersama, untuk merealisasikan RPJPD 2025-2045 sesuai kebutuhan semua pihak dan sejalan dengan amanat dari peraturan perundang-undangan,” tandasnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023