Penjabat (Pj) Bupati Tapin Syarifuddin mempromosikan kawasan wisata Kota Rantau Baru kepada ratusan peserta dari sejumlah provinsi yang mengikuti "Tour de Loksado 2023" kedelapan di Kalimantan Selatan. 

"Wisata Rantau Baru cocok untuk disinggahi," ujar pejabat yang juga sekaligus Kepala Dinas Pariwisata Kalsel ini di Rantau, Sabtu. 

Baca juga: Kalsel kenalkan Geopark Meratus melalui "Tour de Loksado 2023"

Sebanyak 447 pesepeda Indonesia yang mengikuti Tour de Loksado itu berhenti di Water Station II menikmati sejuk wisata di Kawasan Rantau Baru yang dipenuhi pepohonan rindang. 

Momentum itu, kata Syarifuddin, merupakan kesempatan bagi Tapin mempromosikan potensi pariwisata kepada masyarakat luas. 

"Peserta ini berasal dari 12 provinsi di Indonesia," ungkapnya. 

Baca juga: Ratusan pesepeda nasional ikuti "Tour De Loksado 2023" di Kalsel

Total panjang lintasan Tour de Loksado tersebut 150 Kilometer meliputi beberapa kabupaten, yakni Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin dan berakhir di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Hulu Sungai Selatan. 

"Pukul 14:00 Wita para peserta akan start dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, adu kecepatan menuju Loksado," ujarnya.

Baca juga: Hutan hujan Gunung Rorokoan potensi jadi ekowisata baru Kalsel

Di rute Kandangan ke Loksado ini, ia pastikan para peserta akan disuguhkan dengan pemandangan alam khas wilayah pegunungan Meratus Kalsel. 

Syarifuddin mengungkapkan lomba adu cepat tersebut terbagi dalam beberapa kategori kategori, yakni kategori perempuan, kategori laki-laki yang terbagi menjadi tiga berdasarkan pengelompokan umur.

Panitia menyediakan piagam penghargaan, medali, dan uang pembinaan bagi peserta Tour de Loksado yang mencatatkan waktu tercepat berdasarkan keompok kategori tersebut. 

“Kita harapkan kegiatan ini mampu meningkatkan ekonomi daerah,” tutup Syarifuddin.

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023