Ratusan pesepeda perwakilan dari berbagai provinsi mengikuti "Tour de Loksado 2023" berjarak 150 kilometer yang diadakan Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan.

"Ada 447 peserta yang ikut Tour de Loksado kedelapan ini. Peserta berasal dari 12 provinsi di Indonesia, untuk peserta perempuan cukup antusias juga ada 37 orang," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan Syarifuddin di Rantau, Kabupaten, Sabtu.

Baca juga: Tim Ekspedisi Meratus jajal hutan hujan di Gunung Rorokoan Kalsel

Lintasan sepanjang 150 Kilometer ini meliputi beberapa kabupaten, yakni Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin dan berakhir di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). 

"Pukul 14:00 Wita para peserta akan start dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, adu kecepatan menuju Loksado," ujar Syarifuddin.

Baca juga: Hutan hujan Gunung Rorokoan potensi jadi ekowisata baru Kalsel

Syarifuddin mengatakan peserta disuguhkan pemandangan khas wilayah pegunungan Meratus Kalsel saat melintasi rute Kandangan ke Loksado.

Syarifuddin mengungkapkan lomba adu cepat tersebut terbagi pada beberapa kategori, yakni kategori perempuan, kategori laki-laki yang terbagi menjadi tiga berdasarkan kelompok umur.

Baca juga: Nikmati keelokan Geopark Meratus saat "sunrise" di puncak Langara

Panitia menyediakan piagam penghargaan, medali, dan uang pembinaan bagi peserta Tour de Loksado yang mencatatkan waktu tercepat berdasarkan kategori tersebut. 

“Kita harapkan kegiatan ini mampu meningkatkan ekonomi daerah,” ungkap Syarifuddin.

Baca juga: Sirup kayu manis buah tangan favorit wisatawan Loksado

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023