PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UID Kalselteng) kembali akuisisi "captive power" daya 2.770.000 Volt Ampere (VA) PT Arutmin Indonesia ditandai seremonial penyalaan site ke empat di Muara Satui Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel.
 
Keterangan tertulis Humas PT PLN UID Kalselteng diterima di Kota Banjarbaru, Kamis, kegiatan yang berlangsung, Selasa (12/9) dihadiri General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin.
 
Selain itu juga disaksikan Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan Agus Tri Suardi, Manajer Projects Maintenance Service PT Arutmin Indonesia Tomy Junaedi, dan Manager Site PT Arutmin Indonesia, Cipto Prayitno.
 
Menurut Tomy Junaedi, akuisisi itu merupakan sesuatu yang sangat menggembirakan mereka karena memberikan dampak yang sangat signifikan bagi operasional bisnis sehingga menjadi lebih efisien dan efektif.
 
"Kami ucapkan terima kasih kepada PLN atas akuisisinya sehingga kami bisa melakukan penghematan biaya operasional," ujar Tomy di depan GM PLN UID Kalselteng dan undangan lainnya.
 
Sebelumnya, PLN telah mengakuisisi tiga site (lokasi) Arutmin yakni site Asam-Asam pada 20 Februari 2014, site Kotabaru pada 14 Maret 2021 dan site Kintap pada 3 November 2021 sehingga total akuisisi captive power PT Arutmin Indonesia sebesar 16.970.000 VA.
 
"Site Muara Satui ini adalah yang ke empat, namun site Satui sudah beroperasi lebih dari 30 tahun dan akan terus beroperasi hingga 15 tahun ke depan, jadi masih perlu listrik yang cukup lama," tambahnya.
 
Tomy berharap PT PLN terus mendukung kebutuhan listrik mereka dan merencanakan menambah listrik PLN untuk kawasan perkantoran, mess, dan workshop dengan daya sebesar 865.000 VA dan penerangan di pertambangan 1.250.000 VA. 
 
"Semoga PLN bersedia menyuplai listrik ke arah tambang kami yang berjarak kurang lebih 30 kilometer dari jalan," harap Tomy.
Foto bersama usai seremonial penyalaan listrik PT Arutmin Indonesia dari kiri ke kanan Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UID Kalselteng Agus Tri Suwardi, General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin, Manajer Projects Maintenance Service PT Arutmin Indonesia Tomy Junaedi, Manager Site PT Arutmin Indonesia Cipto Prayitno. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)
General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin mengatakan, peresmian dan penyalaan Arutmin site ke empat adalah wujud nyata yang diberikan PLN membuktikan pelayanan yang andal sehingga memberikan kepercayaan kepada pelanggan.
 
"Terima kasih kepada PT Arutmin Indonesia yang mempercayakan pemenuhan kebutuhan tenaga listrik kepada PLN. Harapannya kehadiran PLN ini akan memberikan dampak signifikan terhadap efisiensi dan efektifitas operasional perusahaan," ucapnya.
 
Dikatakan, PLN terus membuktikan pelayanan prima kepada pelanggan sehingga akan terus menjadi pilihan utama untuk solusi energi, apalagi PLN merupakan Strategic Business Partner untuk mengembangkan bisnis PT Arutmin Indonesia kedepannya.
 
Sebagai informasi, ketersediaan suplai listrik untuk provinsi Kalsel sudah sangat mencukupi dengan rata-rata "reserve margin" sebesar 299 Mega Watt, dan akan terus bertambah hingga mencapai 40 persen setiap tahunnya dari total daya yang ada.
 
"Untuk kesiapan daya tidak perlu khawatir, PLN terus melakukan penyelesaian pembangunan baik itu pembangkit dan juga gardu induk, sehingga para investor tidak perlu ragu berinvestasi di Kalimantan. Kami siap memenuhi berapa pun kebutuhan suplai tenaga listrik untuk menjalankan operasional industri," tegas Joharifin.
 
Hal itu, sejalan visi dan misi PLN, yakni mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan menjadikan tenaga listrik sebagai media meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, maka PLN terus berupaya maksimal memberikan pelayanan suplai tenaga listrik terbaik bagi pelanggan.
 
"Bagi perusahan dan industri lain yang menginginkan suplai listrik dari PLN, silakan hubungi kantor PLN terdekat, kami siap mendukung operasional perusahaan sehingga anda dapat fokus untuk mengelola bisnis saja, sesuai tagline PLN yakni anda fokus bisnisnya, kami urus listriknya," kata Joharifin.
 
 
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023