Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kotabaru Kalimantan Selatan menyalurkan bantuan hibah ternak Kambing Tahun 2023 kepada dua kelompok tani di Desa Semisir dan Sebelimbingan Kecamatan Pulau Laut Tengah dan Utara.

“Bantuan yang kami berikan kepada kelompok tani ini adalah upaya mendorong terbentuknya kelompok tani untuk membantu memenuhi kebutuhan swasembada peternakan," kata kepala Dinas melalui Plt Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Kotabaru Sidiq Adi Susilo di Kotabaru, Selasa.

Baca juga: Wali Kota Banjarbaru dorong masyarakat penuhi kebutuhan pangan mandiri

Sidiq mengatakan, bahwa Dinas Pertanian merupakan salah satu organisasi perangkat Daerag (OPD) yang memiliki peran sentral dan diharapkan mampu untuk membantu memenuhi kebutuhan swasembada pangan, baik lokal maupun nasional serta mendongkrak nilai pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Hal ini tentu saja selaras dengan tujuan pemerintah dalam upaya untuk terus turut andil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, utamanya kepada peternak, petani maupun para pekebun yang berada di wilayah Kabupaten Kotabaru.

"Dengan adanya dukungan dan komitmen bersama diharapkan kegiatan-kegiatan ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Manfaatkanlah bantuan ini sebaik mungkin dan semoga bantuan yang diberikan ini bermanfaat untuk kita semua,” pesannya.

Penyerahan bantuan ini diantaranya penyerahan kepada Kelompok Tani Harapan Rakyat di Desa Semisir sebanyak 11 ekor Kambing dan Kelompok Tani Sekar Sari Desa Sebelimbingan sebanyak enam ekor.

Sidiq menambahkan, tidak hanya sekedar memberikan hewan ternak kepada kelompok tani saja, namun akan di lakukan pendampingan proses peternanakan yang di jalani oleh petani agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Ia berharap bibit ternak peranakan Etawa mampu menstimulan para kelompok tani untuk memanfaatkan hal tersebut sehingga peternakan yang mereka miliki mampu berkembang dan menjadi nilai ekonomis di tingkat kelompok tani dan di tingkat keluarga.

Baca juga: Gubernur Kalsel raih Anugerah Perkebunan Indonesia 2023 pada program Siska Ku Intip
Plt Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Kotabaru Sidiq Adi Susilo dan tim menyerahkan bantuan kambing di Desa Semisir (ANTARA/Ahsin)


Ketua kelompok tani Harapan Rakyat Desa Semisir mengatakan, bantuan yang di berikan sebagai harapan bersama kelompok yang ia pimpin untuk bisa mengembangkan ternak sebagai tambahan penghasilan selain di bidang pertanian dan perkebunan yang mereka miliki.

"Kami sangat berterimakasih atas bantuan ini semoga kami bisa merawat dan bisa mengembangkan lebih banyak lagi," kata Samsul Bahri

Samsul berharap, bantuan di tahun mendatang tidak hanya hewan ternak berupa kambing namun juga ternak sapi untuk memaksimalkan usaha pengembangan ternak yang menjadi binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kotabaru.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023