Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry  bersama forkopimda dan TPID HSS memantau ketersediaan dan harga pasar kebutuhan bahan pokok, terutama menghadapi jelang perayaan maulid Nabi Muhammad SAW.

Peninjauan dilakukan di pasar yang ada di kawasan Kota Kandangan dan di Daha, hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo tentang adanya kenaikan harga beras di pasaran.

"Ketersediaan bahan pokok di HSS cukup banyak dan harga juga relatif normal terkendali, minyak tersedia, bawang tersedia, gula tersedia. Hanya beras yang sedikit ada pergerakan dan itu kita perkirakan akan terus bergerak, pada saat memasuki bulan Maulid nanti," kata bupati dalam keterangan, mengutip pers release Diskominfo HSS, Selasa.

Baca juga: Disdag HSS gelar pekan kuliner dorong peningkatan pendapatan UMKM

Dijelaskan dia, dari hasil peninjauan tersebut diketahui ketersediaan bahan dan harga masih stabil dan normal, terkecuali memang untuk harga beras yang ada sedikit kenaikan.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya juga mempunyai stok beras cadangan di Bulog, dan apabila diperlukan pihaknya akan melaksanakan operasi pasar.

"Kita berpesan kepada seluruh pihak agar dapat terus berkontribusi turut menekan dan mengendalikan inflasi, yaitu diantaranya turut meningkatkan produksi dan menjaga ketersediaan bahan pokok di daerah untuk kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Berdasarkan data dari Dinas Perdagangan HSS, untuk harga bahan pokok per 11 September 2023 harga beras terendah untuk beras Cihirang (jenis R) dengna harga Rp10 ribu, sedangkan untuk harga tertinggi untuk jenis beras lokal Unus Mayang di harga Rp18 ribu.

Baca juga: Disdag Kalsel apresiasi Pemkab HSS rutin gelar pasar murah

Gula Merah Rp22 ribu per kilogram, gula putih Rp14,5 ribu per kilogram, minyak goreng terendah tanpa merek seharga Rp14 ribu per liter, dan kemasan bermerek tertinggi di harga Rp23 ribu.

Bawang merah ukuran sedang Rp25 ribu per kilo, bawang putih ukuran sedang Rp38 ribu per kilo, telor ayam kampung Rp3 ribu per biji, telor ayam ras Rp30 ribu per kilo dan telor itik dikisaran harga Rp3 ribu per biji.

Sedangkan, untuk harga daging ayam kampung ukuran sedang Rp75 ribu per kilo, daging ayam ras ukuran sedang harga Rp36 ribu atau mengalami kenaikan Rp4 ribu, sementara untuk daging sapi murni di harga Rp140 ribu per kilogram.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023