Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Perdagangan (Disdag) menggelar pekan kuliner dalam rangkaian memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI.

Pekan kuliner dengan peserta dari unsur umum dan UMKM dibuka langsung Bupati HSS H Achmad Fikry dirangkai dengan launching mars dan hymne HSS, di lapangan basket, Alun-alun Kota Kandangan.

"Selain menyambut HUT ke-78 RI kita juga ingin bergembira bersama masyarakat, salah satunya dengan lebih meramaikan pekan kuliner," kata Fikry dalam keterangan mengutip pers release Diskominfo, Senin.

Baca juga: Disdag Kalsel apresiasi Pemkab HSS rutin gelar pasar murah

Pihaknya dengan adanya kegiatan ini ingin menjadi dorongan bagi peningkatan pendapatan masyarakat, melalui UMKM dan ini juga merupakan bagian untuk mensejahterakan masyarakat HSS.

Terkait mars dan hymne HSS, Fikry mengucapkan terima kasih kepada pihak pencipta mars dan hymne yang telah menyelesaikan tugasnya.

"Ini kado 78 tahun Indonesia merdeka sehingga dengan mars dan hymne HSS menjadi penyemangat warga HSS ke depan," ujarnya.

 Serta, akan disosialisasikan di sekolah-sekolah sehingga mars dan hymne menjadi bagian yang harus dikuasai anak-anak, agar menimbulkan rasa semangat dan kebanggaan memiliki HSS.

Pembukan pekan kuliner ditandai pengguntingan untaian melati sebagai tanda dimulainya pekan kuliner, disaksikan unsur forkopimda dan sekda, serta para kepala perangkat daerah, dilanjutkan peninjauan ke stand-stand pekan kuliner.

Sebelumnya, Kepala Disdag HSS Sudiono, mengatakan pekan kuliner bertujuan untuk memberikan kesempatan meningkatkan jiwa wirausaha, kreativitas dan produktivitas bagi para pelaku usaha.

Baca juga: Pemkab HSS siapkan strategi bila terjadi kelangkaan stok LPG

Sedangkan, pelaksanaan Launching Mars dan Hymne HSS bertujuan agar potret HSS tergambar dalam bentuk mars dan hymne HSS, sebagai kebanggaan dan jati diri serta warisan seni budaya HSS sehingga mudah diingat oleh masyarakat.

Dalam pekan kuliner ini akan dilaksanakan selama seminggu dari tanggal 19 Agustus hingga 26 Agustus dan akan dimeriahkan oleh penampilan komunitas musik.

"Pelaku usaha kuliner yang mengikuti kegiatan kita ini ini sebanyak 47 stand dan tiga stand UMKM, serta delapan stand komunitas anggrek dan komunitas bonsai," pungkasnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023