Kirab Pemilu 2024 di Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah memasuki wilayah akhir, yaitu Kota Banjarbaru yang menjadi kota ke-13 dari 11 kabupaten dan dua kota di provinsi itu.

"Alhamdulilah setelah menempuh perjalanan cukup panjang melintasi seluruh wilayah Kalsel kini kirab pemilu sudah berada di titik akhir di ibukota provinsi," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel Andi Tenri Sompa di Banjarbaru, Senin.

Baca juga: Bupati Banjar harapkan Pemilu jadi sarana memajukan kesejahteraan masyarakat

Tenri pun berharap KPU Banjarbaru bersama seluruh perangkatnya dan pemangku kepentingan lainnya dapat mengoptimalkan sosialisasi pemilu sekaligus pendidikan politik ke masyarakat luas.

Dia ingin beragam bentuk inovasi dapat dilakukan sebagaimana daerah lainnya yang telah dilintasi kirab pemilu agar masyarakat benar-benar merasakan kehadiran dari semangat menuju Pemilu 2024.

"Harapan kita bersama tentu partisipasi pemilih meningkat di pemilu kali ini dengan segala upaya memberikan pendidikan politik ke masyarakat," ujar Tenri.

Baca juga: KPU Balangan gelar Kirab Pemilu pada sejumlah kecamatan

Setelah satu pekan kirab pemilu di Banjarbaru, KPU Banjarbaru bersama KPU Kalsel nantinya menyerahkan bendera kirab pemilu kepada KPU Kota Semarang, Jawa Tengah.

Diketahui Kirab Pemilu 2024 di Kalsel berlangsung selama 70 hari sejak 2 Juli 2023 lalu dimulai di Kota Banjarmasin setelah dari KPU Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah.

KPU menggaungkan pemilu berintegrasi sehingga diharapkan Pemilu 2024 benar-benar dapat menjadi sarana integrasi bangsa yang menyatukan bukan menajamkan jurang permusuhan akibat perbedaan pilihan politik.

Baca juga: Kriminal kemarin dari pidana siber hingga kirab Pemilu 2024

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023