Stasiun Meteorologi (Stamet) Klas II Syamsudin Noor Banjarmasin Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kalimantan Selatan (BMKG Kalsel) mengingatkan masyarakat menggunakan masker akibat kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Banjarbaru.

“Perlu diwaspadai sepekan ke depan kabut asap akibat karhutla masih menjadi ancaman di Banjabaru sekitarnya,” kata Prakirawan Stamet Klas II Syamsudin Noor Banjarmasin BMKG Kalsel Utari Randiana di Banjarbaru, Sabtu malam.

Baca juga: Area Bandara Syamsudin Noor dikelilingi kabut asap karhutla

Berdasarkan pantauan BMKG, Utari menuturkan kualitas udara di Banjarbaru berada pada ambang batas sangat tidak sehat, yakni 150,5 - 250,4 P pada Sabtu dini hari pukul 02.00-07.00 Wita.

“Kurangi aktivitas membakar sampah dan berhati-hati berkendara saat jarak pandang terbatas,” ucapnya.

Sementara itu, berdasarkan konsentrasi partikulat PM2.5, kualitas udara termasuk kategori kualitas udara baik berada pada angka 0-20, sedangkan kualitas udara sedang kisaran 20-50, kemudian untuk kualitas tidak sehat berada di atas angka 50 hingga 150.

Lebih lanjut, Utari menjelaskan 150 hingga 250 merupakan angka kualitas udara kategori sangat tidak sehat.

Pada Sabtu pukul 07.00 Wita, Utari menyebutkan kualitas udah di sekitar Bandara Syamsudin Noor sudah mulai menurun pada angka 100.

Baca juga: Kabut asap tak ganggu penerbangan di Bandara Syamsudin Noor

Dia menuturkan kualitas udara kembali normal sekitar pukul 08.00-10.00 Wita.

Ia mengungkapkan fenomena kabut asap masih melanda Banjarbaru sehingga prakiraan kualitas udara sewaktu-waktu dapat berubah akibat karhutla yang masih menjadi permasalahan di Kalsel.

Utari menyampaikan terkait penanganan karhutla di Kalsel, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka pencegahan dini bencana kabut asap.

Dia mengatakan pula wilayah Bandara Syamsudin Noor turut mengalami dampak dari kabut asap berupa penurunan jarak pandang yang sewaktu-waktu dapat mempengaruhi jadwal penerbangan.

Utari memperkirakan cuaca di Banjarbaru akan cerah berawan dan terdapat juga potensi hujan ringan secara lokal selama sepekan mendatang.

Baca juga: Kabut asap selimuti beberapa kawasan Balangan Kalsel

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023