Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan Hulu Sungai Selatan (Satgas Karhutla HSS) Kalimantan Selatan bersama para relawan memadamkan kebakaran lahan yang sempat mendekati RSUD Daha Sejahtera, Negara.


"Iya sudah bisa berhasil dipadamkan, jarak kebakaran lahan memang cukup dekat dengan RSUD Daha Sejahtera," kata Camat Daha Selatan Nafarin di Negara, Kabupaten HSS, Senin.

Baca juga: BPBD HSS minta aparat kepolisian tindak tegas pembakar lahan

Dijelaskan dia, walaupun petugas berhasil memadamkan titik api, namun pihaknya tetap mengawasi perkembangan di lapangan termasuk menempatkan personel yang siap siaga.

Nafarin menuturkan petugas sudah menangani kebakaran lahan tersebut pada Minggu (3/9) malam, namun api kembali merambat hingga mendekati RSUD Daha Sejahtera.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalak BPBD) HSS Kusairi mengatakan pemadaman kebakaran yang dilakukan melibatkan satgas karhutla kecamatan dan desa.

Baca juga: BPBD HSS : Penanganan karhutla terkendala luas lahan tak sebanding jumlah petugas

"Penyebab Karhutla tersebut terjadi dari lokasi lahan yang terbakar pada Minggu (03/09) malam, di titik yang sama, tepatnya di Desa Pihanin Raya, Kecamatan Daha Selatan," ujarnya.

Ditambahkan dia, sebelumnya kebakaran tersebut menjalar di lahan seluas 0,9 hektare mulai Minggu sore hingga pukul 23.00 Wita dan dapat ditangani hingga pembasahan, namun petugas kembali berjibaku memadamkan titik api karena api kembali menyala pada Senin ini.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023