Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan Nurul Fajar Desira Ces mengatakan kegiatan Kalsel Expo 2023 yang berlangsung di Lapangan Murjani, Kota Banjarbaru sejak 30 Agustus hingga 3 September menghasilkan transaksi Rp7,6 miliar.
 
"Alhamdulillah gelar Kalsel Expo 2023 sukses, sangat ramai hingga akhir," ujar Fajar di Banjarbaru, Senin.

Baca juga: HSU pamerkan belasan produk UKM unggulan di Kalsel Expo 2023
 
Menurut dia, ada sebanyak 251 stan pameran yang meramaikan kegiatan sekalian memeriahkan Hari Jadi ke-73 Provinsi Kalsel dan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.
 
"Terdata lebih 160 ribu pengunjung datang ke Kalsel Expo 2023 ini," ucap Fajar.
 
Diketahui, ungkap dia, kegiatan ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan pembangunan di Provinsi Kalsel, selanjutnya memperkenalkan produk unggulan UMKM, kemudian ingin membuka peluang pasar nasional dan internasional.
 
Dinyatakan dia, Kalsel Expo 2023 juga menggaungkan tentang Geopark Pegunungan Meratus agar dikenal lebih jauh atau diakui dunia.
 
Saat penutupan Kalsel Expo 2023 di Kota Banjarbaru pada Minggu (3/9) malam, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan apresiasi dan sukses terlaksana kegiatan tersebut dengan total transaksi lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Gubernur buka Kalsel Expo 2023 di Kota Banjarbaru
 
Sehingga dia berharap Kalsel Expo tahun depan lebih baik lagi dan lebih meriah.
 
"Kalsel Expo berhasil hadir sebagai ruang promosi, sarana pemasaran sekaligus konsolidasi untuk lebih menghidupkan produk UMKM dari Kalsel maupun daerah lainnya, sekaligus penyebaran berbagai informasi pembangunan dan hiburan bagi seluruh lapisan masyarakat di Kalsel," tutur Sahbirin.
 
Sahbirin menyebutkan penyelenggaraan Kalsel Expo 2023 memiliki kesempatan untuk menjelaskan posisi strategis Kalsel sebagai Gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur kepada berbagai pihak terutama calon investor.
 
“Kesuksesan pameran ini adalah hasil dari partisipasi dan dorongan kita bersama, khususnya kerja sama seluruh elemen dari unsur pemerintah daerah, swasta, UMKM, hingga masyarakat," ucap Sahbirin.

Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Kalsel Expo 2023, tanpa terkecuali kepada masyarakat yang datang dan hadir meramaikan pameran ini.

Baca juga: Pemkab Tapin bawa produk andalan UMKM di Kalsel Expo 2023

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023