Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor membuka gelaran Kalsel Expo 2023 di Lapangan Murjani, Kota Banjarbaru yang berlangsung dari 30 Agustus hingga 3 September 2023.
 
Gubernur Kalsel menyampaikan di Banjarbaru, Rabu, bahwa Kalsel Expo 2023 ini menunjukkan kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di provinsinya bangkit setelah masa pandemi COVID-19.
 
Dinyatakan dia, Kalsel Expo 2023 tidak hanya diikuti peserta dari UMKM di Kalsel, namun juga dari luar daerah bahkan ada peserta dari Belanda.
 
Menurut dia, lewat kegiatan ini Provinsi Kalsel ingin menyampaikan misi perekonomian untuk menjemput dunia juga sebagai pintu gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur.
 
Karena menurut gubernur, Provinsi Kalsel memiliki kekayaan alam yang luar biasa indah juga sumberdaya yang melimpah, ditambah adanya Geopark "Taman Bumi" Pegunungan Meratus yang sudah diakui nasional untuk menjadi Geopark Internasional atau diakui UNESCO Global Geopark (UGGp).
 
Menurut Paman Birin, panggilan akrab Gubernur Kalsel dengan Kalsel Expo 2023 ini, sebagai rangkaian Harjad ke-73 Kalsel dan HUT ke-78 Kemerdekaan RI makin menggaungkan Kalsel yang kini memiliki tagline baru "Kalsel Babussalam" ke seluruh penjuru Indonesia hingga dunia.
 
Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan Nurul Fajar Desira Ces melaporkan, bahwa ada sebanyak 250 stan ramaikan kegiatan Kalsel Expo 2023.
 
Menurut dia, kegiatan ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan pembangunan di provinsi ini, selanjutnya memperkenalkan produk unggulan UMKM, kemudian ingin membuka peluang pasar nasional dan internasional.
 
Dinyatakan dia, dalam kegiatan ini juga ingin menggaungkan tentang Geopark Pegunungan Meratus untuk dikenal lebih jauh atau diakui dunia.
 
"Diharapkan dengan kegiatan ini, dunia UMKM dan ekonomi kreatif di provinsi Kalsel terus maju dan berkembang untuk kesejahteraan masyarakat," demikian katanya.
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat membuka Kalsel Expo 2023 di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru, Rabu. (ANTARA/Sukarli)
 
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023