Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mendistribusikan bantuan sapi ke wilayah utara untuk meningkatkan populasi sapi di daerah tersebut.

Sekretaris Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong Suaidi mengatakan bantuan sapi bagi kelompok usaha tani juga untuk mendukung kebutuhan sapi di kawasan IKN. 

Baca juga: Polres Tabalong ciduk pemilik 23,81 gram sabu

"Tahun ini kita menyiapkan 203 ekor sapi melalui dana APBD 2023 untuk didistribusikan ke sejumlah kelompok tani," jelas Suaidi di Tabalong, Senin.

Dia mengatakan dari total 203 ekor sapi, sebanyak 100 ekor sapi disalurkan ke kelompok usaha tani wilayah utara Kabupaten Tabalong  yakni Pasar Hewan Jaro Kecamatan Jaro.

Bantuan 100 ekor sapi mencakup 50 ekor sapi Bali betina dan 50 ekor sapi Bali Madura. Sapi-sapi ini disalurkan untuk 10 kelompok usaha tani dengan jumlah bervariasi.

Baca juga: Tim Resmob Tabalong juara Open Balap Sepeda Mini

“Kelompok  tani penerima bantuan diharapkan dapat memelihara ternaknya  dengan baik, dijaga kesehatannya dengan inseminasi buatan dengan menggunakan bibit yang sesuai," tambahnya.

Sejumlah kelompok tani mengaku senang menerima bantuan sapi yang diyakini  dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Salah satunya Kelompok Tani Sinar Bersama di Desa Kampung Baru RT 2, Kecamatan Muaya  yang menerima bantuan 20  sapi dari Disbunnak Tabalong.

Ketua Kelompok Tani Sinar Bersama, Sucipto, mengaku senang dan bersyukur atas bantuan yang diberikan. 

Baca juga: BKKBN Kalsel puji keberhasilan Tabalong tekan angka stunting
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023