Balangan, (Antaranews Kalsel) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, memperluas jangkauan jaringan internet hingga ke pelosok.

Kepala Dihubkominfo Balangan, Gunawan mengatakan, , jaringan internet di daerah ini,  masih belum maksimal dirasakan oleh sebagian masyarakat yang jauh dari wilayah perkotaan.

"Internet sangat dibutuhkan saat ini, selain untuk komunikasi, informasi, juga untuk membuka wawasan dan penunjang belajar bagi para siswa," ujarnya.

Menurut Gunawan, sebelumnya  terdapat mobil internet serta program layanan internet pedesaan yang di programkan oleh pemerintah pusat, namun belakangan ditarik kembali oleh pusat.

"Mobil internet dan internet pedesaan dulu sempat beroperasi, namun akhirnya ditarik kembali oleh pemerintah pusat. Mungkin bisa saja jika pemerintah bersedia menganggarkan program mobil internet melalui APBD," ujarnya.

Menurut Gunawan,  hingga kini, pihaknya telah mengupayakan  menjalin kerjasama dengan beberapa operator jaringan agar membangun menara telekomunikasi yang menjangkau wilayah-wilayah pelosok seperti Kecamatan Tebing Tinggi, dan wilayah pedesaan di Kecamatan Halong.

"Untuk wilayah Kecamatan Tebing Tinggi dan pedesaan di Kecamatan Halong, jangankan untuk internet, signal telekomunikasipun putus disana, semoga nantinya kerjasama ini berjalan lancar, sehingga bukan hanya masalah telekomunikasi, namun internet pun akan lancar di seluruh Balangan,' tutupnya.




Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016