Balangan, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 17 perpustakaan sekolah di Kabupaten Balangan, disiapkan menjadi  perpustakaan sekolah berbasis komputerisasi.

Kabid Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan  Basyid, mengatakan, teradapat  16 sekolah dasar dan satu sekolah menengah pertama yang akan disiapkan mengelola perpustakaan dengan sistem komputerisasi.

"Ke 17 Sekolah ini nantinya akan kita jadikan sebagai pilot project program ini," ujarnya.

Selanjutnya, tambah Basyd, secara bertahap sekolah lainnya juga akan memiliki perpustakaan sekolah  berbasis komputerisasi.

"Saat ini pengelolaan masih banyak yang secara manual, selain disiapkan untuk program pengelolaan secara komputerisasi, maka SDM pengelolanya akan dibekali juga dengan program pengelolaan tersebut," katanya.

Kegiatan perpustakaan perlu menggunakan dukungan perangkat komputer, baik untuk input buku perpustakaan, input pengunjung, input transaksi peminjaman dan pengembalian, serta pembuatan laporan.

Dengan bantuan aplikasi komputer ini, lanjut Basyid, maka kegiatan-kegiatan berulang tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan bantuan komputer.

Pengunaan sistem komputerisasi ini merupakan upaya dalam peningkatan kualitas sekolah. Dimana peningatan sekolah tidak hanya melalui perbaikan bangunan kelas tempat proses belajar mengajar berlangsung, tetapi juga melalui pembangunan perpustakaan.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016