Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan Anisah Rasyidah Wahid menerima anugerah penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Anugerah ini disematkan langsung oleh Ketua TP PKK Pusat Erni Gunarti Cjahjo Kumolo di Ballroom Hotel Aston Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis (27/7) malam dan turut disaksikan Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty serta para gubernur, walikota dan bupati yang turut menerima penghargaan.

Penghargaan Manggala Karya Kencana untuk kategori Ketua TP PKK ini diberikan kepada Anisah Wahid atas prestasi yang menonjol dan komitmen serta kepemimpinan dalam menggerakan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

"Prestasi ini merupakan pula hasil kerja keras semua pihak yang terlibat dan semoga bisa semakin memotivasi jajaran PKK, KB dan Kependudukan serta instansi terkait untuk meningkatkan kinerja dan kerja sama," ujar Anisah.

Anisah mengatakan, keberhasilan pembangunan tidak lepas dari peran serta semua pihak sehingga perlu kepemimpinan, motivasi dan kerja sama membangun daerah.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Data dan Pelaporan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Daerah (BKKBD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Muhyiddin menuturkan, keberhasilan Ketua PKK HSU yakni menggerakan kemitraan PKK, BKKBD dan beberapa instansi lainnya untuk mewujudkan keluarga sejahtera, tangguh dan mandiri.

"Sebanyak 219 desa dan kelurahan di Kabupaten HSU bahkan sudah memiliki Pusat Informasi dan Konseling remaja, mahasiswa dan keluarga disamping keberhasilan program KB pria yang terus meningkat setiap tahun," terangnya.

Tahun ini saja, kata Muhyiddin, hingga Juni pencapaian jumlah kepesertaan Medis Operasi Pria (MOP) sudah mencapai 130 persen dari target.

Pada bidang kependudukan, selain berprestasi dalam lomba pidato kependudukan ditingkat nasional, Kabupaten HSU juga sudah membentuk koalisi kependudukan yang nantinya berfungsi membantu pemerintah daerah dalam menyusun kebijakan kependudukan.

Melalui program dan kegiatan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) telah meraih juara harapan tiga tingkat Nasional 2015.

"Jadi beliau mampu mensinergikan kegiatan PKK dengan beberapa instansi guna mensukseskan program KB dan kependudukan dalam memberdayaan dan mensejahterakan keluarga," pungkasnya.


Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016