Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin menyampaikan pencapaian pembangunan dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil, positif, dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 71,84 pada 2023.

Hal ini disampaikan Paman Birin saat peringatan Hari Jadi ke-73 Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Mamanda dan Tarian Bagedek Baimbai tampil di Hari Jadi Prov Kalsel ke-73

"Kita sedang berada di jalur yang benar dalam membangun Kalimantan Selatan. hal ini terbukti dengan pertumbuhan ekonomi daerah kita cukup stabil dan positif, inflasi bisa dikendalikan," kata Paman Birin.

Paman Birin menuturkan aktivitas UMKM pun sudah semakin pulih dan bangkit setelah pandemi COVID-19 pada beberapa waktu lalu.

Menurut Paman Birin, kerangka IPM mencerminkan keberhasilan membangun sektor pendidikan, ekonomi dan kesehatan seiring penurunan jumlah stunting.

Baca juga: Geopark Meratus ganti logo

Kalsel juga surplus terkait urusan produksi beras yang berupaya menuju swasembada daging melalui program "Siska Ku Intip" yang menjadi program andalan pada sektor peternakan.

Paman Birin juga menyampaikan pembangunan infrastruktur yang mendukung sarana dan prasarana untuk meningkatkan perekonomian daerah, seperti membuka akses antarwilayah atau pembangunan jalan lintas tengah Banjarbaru dan Batulicin.

Baca juga: Kalsel siapkan puluhan ribu makanan pada pesta Harjad ke-73

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023