Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan menyuguhkan pertunjukan seni Mamanda dan tari kolosal Bagedek Baimbai pada peringatan Hari Jadi ke-73 Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Selasa.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin yang tiba bersama istri Raudatul Jannah di lokasi acara disambut dengan kesenian Mamanda.

Baca juga: Hari jadi Sungai Raya dirangkai peresmian kampung keluarga berkualitas

Para seniman Mamanda menyambut dan mempersilahkan Gubernur Kalsel itu itu masuk dan diantar hingga ke tempat duduk acara.

Ikut pada penyambutan kedatangan Paman Birin itu di antaranya Wagub Muhidin beserta istri Fathul Jannah serta Guru Wildan Salman.

Selanjutnya, Paman Birin beserta para undangan disuguhkan tarian kolosal yang dibawakan kaum milineal dari SMA dan SMK se- Kalimantan Selatan dengan mengangkat judul Bagedek Baimbai Bagarak Banua.

Baca juga: Lapsus: Keberhasilan pembangunan HSS kerja keras bersama dan do'a alim ulama

Menggunakan pakaian serba kuning para penari yang berjumlah 100 orang ini mampu membuat kagum seluruh penonton yang hadir termasuk Maharaja Paman Birin.

Gedek merupakan ragam gerak khas Kalimantan Selatan yang berasal dari Kabupaten Kotabaru.

Bagedek sebagai simbol kekuatan, keseriusan dan keselarasan dari sebuah semangat.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel, Suharyanti mengatakan penampilan tarian kolosal merupakan salah satu realisasi terhadap para seniman muda untuk mengembangkan kreativitas.

Baca juga: Gubernur Kalsel: Banjarbaru Ibukota Kalsel bergerak menuju penyangga IKN

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023