Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan puluhan ribu makanan untuk masyarakat dalam pesta hari jadi (Harjad) ke-73 provinsi setempat yang puncaknya digelar pada 15 Agustus 2023 di Kota Banjarmasin.
 
Kepala Biro Adpim Provinsi Kalimantan Selatan Berkatullah di Banjarmasin, Senin, menyampaikan, acara seremoni puncak peringatan Harjad ke-73 di gelar di Nol Kilometer Siring Sungai Martapura Banjarmasin atau depan kantor lama Gubernur Kalsel di Kota Banjarmasin.
 
Pada pesta perayaan Harjad tersebut, ujarnya, dipersilahkan masyarakat untuk datang, di mana Pemprov Kalsel menyiapkan puluhan ribu makanan berbagai menu untuk dinikmati secara gratis.
 
Menurut dia, persiapan makanan gratis tersebut secara gotong royong diadakan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Pemprov Kalsel, demikian juga lembaga vertikal lainnya.
 
"Jadi setiap SKPD di Pemprov Kalsel menyumbang seribu porsi aneka makanan, demikian juga lembaga vertikal lainnya di provinsi ini, ikut berpartisipasi menyumbang," tuturnya.
 
Dia pun memastikan, beragam makanan khas provinsi ini akan hadir untuk dinikmati masyarakat, seperti nasi kuning, lapat, mie habang, soto Banjar dan lainnya.
 
Pesta rakyat menjadi agenda rutin pada perayaan Harjad provinsi Kalimantan Selatan setiap tahunnya.
 
Pada pesta rakyat tahun ini diharapkan ribuan warga Kota Banjarmasin dan sekitarnya dapat kembali hadir untuk makan bersama di puncak perayaan Harjad provinsi.
 
"Bapak Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengundang semua warga Banua (Kalsel) untuk datang dan menikmati aneka masakan khas Banjar yang telah disediakan," kata Berkatullah.
 
Selain itu, kata dia, Gubernur Kalsel yang lebih akrab disapa Paman Birin tersebut dengan Wakilnya H Muhidin akan menyampaikan pidato pencapaian Kalsel selama tahun 2023 ini.
 
Menurut Berkatullah, pesta perayaan Harjad Kalsel setiap tanggal 14 Agustus (1950--2023), namun tahun ini dimajukan ke tanggal 15 Agustus, jelang HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini, juga digelar beberapa rangkaian sejak beberapa hari lalu.
 
Gelar berbagai lomba untuk memeriahkan Harjad dan HUT kemerdekaan tahun 2023 ini diantaranya seperti lomba nyanyi, lomba masak, lomba gerak jalan dan lomba jukung hias.
 
Puncak peringatan Harjad ini akan ditutup dengan penampilan konser musik Sang Raja Dangdut H Roma Irama pada Selasa malam (15/8) di Halaman Kantor Sekdaprov Kalsel di Kota Banjarbaru.
 
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023