Sejumlah berita kriminal, hukum dan politik di Kalimantan Selatan, Senin, mulai dari Kalsel pilih pelajar pelopor keselamatan berlalu lintas hingga pria mengedarkan sabu di Pasar Agrobisnis Bakarung Hulu Sungai Selatan (HSS).

Berikut rangkuman lima berita Antara Kalsel Senin kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali

1. Kalsel pilih pelajar pelopor keselamatan berlalu lintas

Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan (Dishub Kalsel) menggelar pemilihan pelajar sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas dan angkutan jalan pada 2023.

Kepala Dishub Provinsi Kalsel Muhammad Fitri Hernadi di Banjarmasin, Senin, menyampaikan pelajar yang mengikuti seleksi berasal dari kabupaten/kota di Provinsi Kalsel dengan mengangkat tema "Safety Transport For Indonesia’s Future" pada 14--16 Agustus 2023.

Selengkapnya baca disini

Baca juga: Kriminal Kalsel kemarin, pengedar ekstasi dan sabu di tangkap hingga desa bebas narkoba

2.Tanah Bumbu bebaskan denda PBB

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, memberikan program bulan bebas denda pajak atau pembebasan denda pajak bumi dan bangunan (PBB) pada tunggakan periode 2006-2022.

"Bagi masyarakat yang mempunyai tunggakan PBB mulai tahun itu, akan dibebaskan denda pajaknya," kata Kepala Bapenda Tanah Bumbu Eryanto Rais, di Batulicin Senin.

Selengkapnya baca disini

3.DPRD HSS sampaikan draft Raperda inisiatif fasilitasi HAKI

Setelah Rapurna tentang Perubahan APBD ini selesai, DPRD HSS kembali melanjutan dengan rapat paripurna II, dengan agenda penyampaian draft rancangan peraturan daerah (raperda) tentang fasilitasi perlindungan kekayaan intelektual.

Raperda yang terkait Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) ini merupakan inisiatif yang diusulkan DPRD HSS, penyampaian draft ranperda ini disampaikan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD HSS H. Rahmad Iriadi.

Selengkapnya baca disini

Baca juga: Kriminal Kalsel kemarin, Polres HSS tekan karhutla hingga mayat lansia

4. BPBD sebut Karhutla capai 1.437 hektare di Kalimantan Selatan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalimantan Selatan (BPBD Kalsel) melaporkan sebanyak 1.437,5591 hektare kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan jumlah sumber panas sebanyak 4.543 titik api pada 13 kabupaten dan kota di provinsi setempat.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Pusat Pengendalian  Operasi Penanganan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kalsel hingga Minggu (13/8) pukul 22.42 Wita, tiga wilayah tetap mendominasi karhutla secara berurutan diantaranya Kota Banjarbaru 554,81 hektare, Kabupaten Tanah Laut 348,63 hektare, Kabupaten Banjar 269,55 hektare.

Selengkapnya baca disini

5.Pria edarkan sabu di Pasar Agrobisnis Bakarung HSS

Anggota Satuan Reserse Narkoba Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) meringkus seorang pria warga Desa Taniran Kubah Kecamatan Angkinang berinisial MR (44) yang mengedarkan sabu-sabu di Pasar Agrobisnis Desa Bakarung.

"Penangkapan pelaku kita lakukan Ahad (13/8) sekitar pukul 16.00 WIta, di Pasar Agrobisnis Desa Bakarung," kata Kasi Humas Polres HSS Ipda Ardiansyah Machzar mewakili Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu di Kandangan, Senin.

Selengkapnya baca disini

Baca juga: Kalsel kemarin, APBD perubahan Banjarbaru defisit hingga desa di HST raih penghargaan Kemendes PDTT

Pewarta: Arianto

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023