Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bakal memperketat pengawasan wilayah perairan untuk mengantisipasi masuknya nelayan-nelayan luar yang ingin mengeruk dan merusak potensi sumber daya ikan dan laut wilayah provinsi ini.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang melakukan pemantauan langsung dengan keliling ke lokasi perairan Kalsel mulai dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Tabaneo hingga ke perairan di Kabupaten Tanah Laut, Rabu mengatakan, pengawasan penting dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saya ingin memastikan agar seluruh pihak bisa memberikan pengawasan maksimal, sehingga bentrokan antarnelayan sebagaimana terjadi beberapa waktu lalu tidak terulang," katanya.

Menurut Gubernur, pihak-pihak yang memiliki kewenangan untuk mengamankan keamanan, baik Lanal, Polair dan lainnya, harus meningkatkan pengawasan, sehingga perairan wilayah ini tidak hanya aman dari tindak kejahatan, tetapi juga dari masuknya nelayan luar Kalsel.

Sebelumnya, beberapa nelayan mengeluhkan bahwa dalam beberapa bulan terakhir, nelayan dari luar daerah selalu masuk ke perairan Kalimantan Selatan dengan menggunakan kapal yang dilengkapi teknologi lebih canggih.

Masuknya nelayan luar tersebut, membuat pendapatan ikan nelayan turun drastis, yang sebelumnya bisa mencapai satu ton sekali melaut, kini tidak sampai setengahnya.

Kondisi tersebut, bukan hanya mengurangi pendapatan petani, tetapi juga mengurangi bahan baku industri perikanan di beberapa daerah di Kalsel, seperti industri kerupuk amplang dan lainnya.

"Perjalanan kita menyusuri perairan kali ini, sebagai upaya mengantisipasi agar bentrokan antarnelayan tidak terjadi lagi, sehingga seluruh kegiatan perekonomian di perairan bisa segera kembali normal," katanya.

Perjalanan mengelilingi perairan Kalimantan Selatan tersebut, juga diikuti oleh Komandan Lanal Kalimantan Selatan, Komandan Korem 101 Antasari, Kapolda dan seluruh jajaran dinas terkait.

Kapal yang membawa rombongan tersebut, berangkat dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sejak pagi, dan turun di Perairan Tanah Laut, dilokasi wisata Labirin.

Selain itu, Gubernur juga melihat langsung kondisi dan kegiatan perekonomian nelayan, dengan harapan bisa memberikan semangat agar para nelayan terus berinovasi untuk meningkatkan kesejahteraannya, melalui dukungan pemerintah daerah, provinsi maupun pusat.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016