Banjarmasin, (Antaranew Kalsel) - Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polresta Banjarmasin, menggelar razia penyakit masyarakat (Pekat) di kawasan Perairan Sungai Barito yang berada di kota setempat.


"Razia ini kami lakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bagi warga yang melintas di perairan kota ini," kata Kasat Polair Polresta Banjarmasin AKP Untung Widodo Sst di Banjarmasin, Selasa.

Dia mengatakan, razia rutin itu dilakukan dengan sasaran para premanisme perairan, Narkoba, dan senjata tajam serta minuman keras.

Razia penyakit masyarakat itu dilaksanakan petugas berseragam biru di kawasan perairan Sungai Barito tepatnya di depan Muara Mantuil Banjarmasin.

Aparat kepolisian langsung melakukan pemeriksaan kepada setiap masinis kelotok termasuk para penumpangnya yang melintas di perairan Sungai Barito.

"Satu persatu petugas kami melakukan pengecekan. Tak hanya barang bawaan penumpang kelotok tetapi pemeriksaan juga dilakukan terhadap badan para penumpang," ucap pria yang hobby futsal itu.

Dikatakannya, kegiatan seperti ini secara rutin dilaksanakan untuk mengantisipasi dan menekan angka dari aksi kriminalitas di perairan.

Sejauh ini setiap pelaksanaan kegiatan yang di lakukan petugas Polair tidak di temukan adanya pelanggaran pidana yang dilakukan masyarakat.

Selain melaksanakan pemeriksaan, anggota Satpolair juga memberikan imbauan agar tidak menggunakan obat-obat terlarang saat melakukan aktivitas di perairan. 

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016