Bupati Tapin, Kalimantan Selatan HM Arifin Arpan menilai pagelaran Tapin Art Festival 2023 yang digarap anak muda di Yayasan Bilik Budaya sukses. 

"Sukses dalam pelaksanaannya, dalam artian sukses dalam penampilannya. Harapannya ke depan tampilan seperti ini bisa lebih baik lagi lah," ujarnya usai malam puncak Tapin Art Festival di Rantau, Kamis.

Baca juga: Pelaksana Tapin Art Festival target transaksi ekonomi Rp10 miliar

Pemerintah, DPRD hingga perusahaan yang ada di daerah, kata Arifin, siap mendukung karya anak muda ini terlaksana lagi tahun depan. 

Dampak dari Tapin Art ini, kata Arifin, selain hiburan dan pendidikan seni budaya, yakni juga menyasar pertumbuhan serta perkembangan ekonomi UMKM lokal. 

Begitupun Ketua DPRD Tapin Yamani mengucapkan hal senada, kata dia, Tapin Art tahun ini sukses dan berdampak ke masyarakat. 

"Kita ucapkan kepada para sponsor yang menyukseskan acara ini sehingga dapat terlaksana. Harapannya ke depan Tapin Art ini bisa terencana dan terlaksana lebih baik," ujarnya. 

Baca juga: Perajin gelang simpai Dayak Meratus dulang rezki di Tapin Art Festival

Sepanjang Tapin Art berlangsung, dari 5-9 Agustus panitia menakar terjadi transaksi ekonomi mencapai Rp10 miliar. 

"Insya Allah, apabila diberikan kepercayaan lagi, akan kita buat Tapin Art Festival lebih keren dan memberikan arti lagi untuk masyarakat secara umum," ujar Ketua Pelaksana Tapin Art Festival Imam Rinaldy. 

Tapin Art Festival 2023 bertajuk "Anggung Budaya Anjung Banua" ini, menyuguhkan banyak kegiatan diantaranya, festival tari se-Kalimantan, pameran UMKM, lomba mural, dan penampilan artis lokal hingga nasional.

Imam memastikan, pengunjung yang datang selama pagelaran mencapai ratusan ribu orang, hal ini lah yang membuat roda perekonomian masyarakat berputar. 

"Kita lihat tak hanya masyarakat Tapin yang datang, ya Alhamdulillah Tapin Art tahun ini pecah," ujarnya.

Baca juga: Ratusan penari tampil di Tapin Art Festival 2023



 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023