Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur menyeleksi sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar yang berkompeten untuk menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama.
 
"Kami mencari calon pejabat yang berkompeten sebelum mereka yang terpilih ditempatkan menduduki JPT Pratama, yakni kepala dinas pada dua dinas yang dilelang," ujar Bupati Saidi di Martapura, Rabu.

Baca juga: 24 pejabat Pemkab Banjar ikuti uji kompetensi JPT Pratama
 
Saidi menuturkan sebanyak 18 orang pejabat mengikuti asesmen yang menjadi syarat seleksi untuk memproses peserta lelang jabatan.
 
Disebutkan Saidi, belasan calon pejabat pimpinan tinggi pratama itu bersaing memperebutkan posisi sebagai pimpinan atau kepala dinas pada Dinas Pertanian dan Dinas Sosial P3AP2KB Banjar.
 
"Kami mengapresiasi seleksi terbuka seperti ini dan berharap calon terpilih benar-benar kompeten, sehingga bisa melaksanakan tugas yang diamanahkan dengan dedikasi dan penuh tanggung jawab," ucapnya.
 
Saidi yakin asesmen terbuka bagi calon pejabat yang memenuhi persyaratan mampu menghasilkan "output" profil kompetensi pejabat pimpinan tinggi pratama Pemkab Banjar.

Baca juga: Bupati Banjar lantik 30 pejabat JPT Pratama
 
"Uji kompetensi ini menjadi bagian sangat penting untuk menentukan para peserta di dinas mana yang tepat untuk ditempatkan sehingga mereka harus bersaing meraih hasil terbaik," ungkapnya.
 
Dikatakan Saidi, seleksi kompetensi bagi calon pejabat setingkat Eselon II itu merupakan salah satu tahapan dari rangkaian tahapan yang harus diikuti untuk mengisi JPT Pratama sesuai Peraturan Menteri PAN dan RB.
 
"Makanya, kami berharap seluruh peserta mengikuti seleksi dengan baik sehingga terpilih mereka yang benar-benar kompeten memimpin dinas dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik," katanya.

Baca juga: Guru Besar UIN Antasari sebut begini terhadap seleksi pejabat tinggi HSU

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023