Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mulai menggali potensi atlet-atlet cabang olahraga catur usia dini dalam Kejuaraan Olahraga Catur Cup 2023 tingkat sekolah dasar (SD) dan sederajat se-kota setempat.
 
Wakil Wali Kota Banjarmasin H Arifin Noor yang membuka kejuaraan yang berlangsung di rumah Anno di Siring Sungai Martapura di Jalan Piare Tendean dari 8--11 Agustus 2023 tersebut mengapresiasi antusias peserta yang cukup banyak, yakni, sebanyak 68 siswa dari berbagai sekolah dasar.
 
Menurut dia, kejuaraan ini tidak hanya sekadar kompetisi catur biasa, tetapi juga merupakan bagian dari upaya Pemkot dalam melakukan pembinaan olahraga catur pada pelajar SD se-Kota Banjarmasin.
 
Dia pun berharap, semua peserta menunjukkan semangat bertanding dan belajar untuk maju dalam meraih cita-cita menjadi atlet profesional dan berdedikasi.
 
"Mudah mudahan atlet-atlet kita bisa menjadi yang terbaik terutama di bidang sekolah dasar. Semoga, juga mereka bukan hanya sekedar tingkat nasional," ucapnya.
 
Selain itu, ujarnya, kejuaraan tersebut juga menjadi ajang prestasi bagi para peserta untuk mengasah kemampuan berkompetisi secara sehat dan membangun mental juara.
 
"Kita harapkan dengan olahraga catur ini tentu ada sportivitas dan strateginya, dalam rangka kita melatih otak mereka tentunya olahraga ini akan membawa manfaat yang luar biasa bagi masyarakat," harap Arifin Noor.
 
Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin Hj Fatimah mengatakan, dalam kejuaraan ini peserta ditantang untuk bermain dengan strategi terbaik dan menunjukkan bakat mereka di atas papan catur.
 
Para pemain yang menonjol dan berhasil mencatat prestasi gemilang akan mendapatkan penghargaan dan kesempatan untuk melanjutkan pelatihan lebih lanjut dalam bidang olahraga catur.
 
Fatimah pun berharap, melalui Kejuaraan Olahraga Catur Cup 2023 akan ditemukan bibit-bibit atlet muda berbakat yang dapat mewakili kota Banjarmasin dalam kompetisi tingkat nasional maupun internasional di masa depan.
 
"Tujuan kejuaraan olahraga Catur ini untuk pembinaan olahraga catur sejak dini pada pelajar SD serta menemukan bibit atlet olahraga catur sejak dini," demikian katanya.
Pembukaan Kejuaraan Olahraga Catur Cup 2023 tingkat SD sederajat di Kota Banjarmasin dari 8--11 Agustus di Rumah Anno di Siring Sungai Martapura, Selasa. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Banjarmasin.)
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023