Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin mengunjungi SMK 5 Banjarmasin saat kegiatan Turun ke Desa (Turdes) dengan mengendarai motor trail menuju 13 kota/kabupaten sejak 3 hingga 8 Agustus 2023.
 
Gubernur Kalsel yang diikuti puluhan pengemudi motor trail menuju SMK yang berada di Teluk Dalam, Banjarmasin Barat tersebut setelah menempuh perjalanan dari Kabupaten Tanah Laut pada Selasa.

Baca juga: BI Kalsel serahkan PSBI penanganan stunting di SMAN 2 Kotabaru

Kedatangan Paman Birin pun disambut ribuan siswa SMK terbesar di Kalimantan Selatan tersebut, sebab jumlah murid mencapai 2.500 orang.
 
Dalam kunjungannya tersebut, Gubernur Kalsel menyerang bantuan kebutuhan pokok bagi para guru dan sebagian siswa, termasuk kegiatan menanam pohon di halaman SMK tersebut.
 
Bahkan, Gubernur Kalsel menyediakan hadiah bagi empat siswa dan siswi yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar mendapatkan hadiah umroh dan siswa yang mendapatkan hadiah uang tunai.
 
Gubernur Kalsel menyempatkan juga meninjau tempat karya para siswa di SMK tersebut, salah satunya karya mobil alat berat berupa ekskavator mini yang dibuat para siswa SMK tersebut.
 
Gubernur Kalsel pun sangat mengapresiasi prestasi yang ditorehkan para siswa SMK 5 Banjarmasin, tidak hanya kreatif dan inovatif, namun juga berprestasi hingga luar negeri.

Baca juga: Paman Birin targetkan empat misi pada Turdes Kemerdekaan
 
"Apalagi sudah ada yang sampai ke Jepang, Amerika dan negara-negara Asia lainnya, saya bangga terhadap prestasi siswa dan siswi di SMK 5 Banjarmasin ini," ujarnya.
 
Paman Birin pun memberikan pesan bagi para siswa agar belajar dengan giat hingga semua bisa menggapai cita-cita, sebab semua akan menjadi penerus pemimpin bangsa ini.
 
Pada Turdes ke-9 di Kalsel ini, Gubernur Kalsel menyatakan program kali lebih istimewa karena jelang HUT ke-78 Kemerdekaan RI bertema "Kemerdekaan Bergerak lintas beribu sungai Banua".
 
Turdes 2023 juga mengangkat empat misi, yakni penanganan stunting, inflasi, pelayanan e-KTP untuk kaum milenial dan revolusi hijau atau gerakan menanam pohon.
 
Gubernur Kalsel pun pada penghujung perjalanan Turdes atau hari kelima untuk 13 kabupaten/kota ini, mengunjungi lima sekolah, yakni SMK 5 Banjarmasin, SMA 2 Banjarbaru, SMA 2 Martapura, Ponpes Darusalam Martapura dan Ponpes Tahfiz Martapura di Kabupaten Banjar.

Baca juga: Bupati Tabalong: Kehadiran Paman Birin memotivasi bagi masyarakat
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor saat mengunjungi SMK 5 Banjarmasin dan melihat langsung karya siswa tersebut saat "Turdes" ke-9 periode 2023, Selasa (8/8/2023). (ANTARA/Sukarli)

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023