Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Ibnu Sina meresmikan kampung merah putih disingkat Kamaratih di Jalan Cengkeh, Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin Utara untuk menyambut perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan tahun 2023 pada Minggu.
 
Wali Kota Banjarmasin menyampaikan, momen peresmian Kamaratih hari ini juga berkaitan dengan menyemarakkan gerakan nasional pembagian 10 juta bendera merah putih ke masyarakat.

Baca juga: Pemkab Tala canangkan gerakan pembagian bendera Merah Putih
 
"Kita bersyukur pada momen HUT ke-78 RI, kota kita pertama kalinya mengadakan kampung merah putih ini," ujarnya.
 
Menurut Ibnu Sina, dengan adanya Kamaratih ini untuk mewujudkan semangat juang nasionalisme dan patriotisme warga Kota Banjarmasin.
 
"Wujudnya adalah bahwa semua warga harus memasang bendera merah putih di depan rumahnya masing-masing," katanya.

Baca juga: Pemkab Batola sosialisasikan virtual menyambut HUT ke-78 RI
 
Apalagi, ucap dia, di kampung ini sudah ada yang namanya kader penggerak kampung merah putih, di mana mereka membawa masyarakat membagi-bagikan bendera termasuk juga memasang bendera.
 
Ibnu Sina menjelaskan, maksud dan tujuan diresmikannya Kamaratih ini agar menjadi inspirasi bagi seluruh kelurahan yang ada di Kota Banjarmasin untuk membuat kampung merah putih di semua sudut Kota Banjarmasin.
 
"Setelah ini terus menerus bahkan menjadi inspirasi bagi kelurahan-kelurahan yang lain, kampung-kampung lain untuk juga membuat kampung merah putih di semua sudut kota Banjarmasin itu yang paling penting semangat spiritnya," kata dia.

Baca juga: Klub sepak bola antusias ikut Sirang Pitu CUP dari PT EBL dalam rangka HUT RI ke-78 :

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023