Kandangan,  (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 277 calon jamaah haji Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, mengikuti manasik haji untuk memperlancar berbagai proses ibadah yang bakal dilakukan di Tanah SucI Mekah.

Waki Bupati HSS H Adriansyah membuka manasik haji bagi calon jamaah haji Kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun 2016 di Pendopo Kabupaten HSS, Kamis.

Adriansyah berharap calon jamaah haji asal Kabupaten HSS dapat menjaga diri sebaik-baiknya, menjalin keakraban dan kekeluarga sesama warga HSS selama menjalankan ibadah serta mendoakan dapat meraih haji yang mabrur.

Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Kasi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan melaporkan, data calon jemaah haji (CJH) HSS sebanyak 277 orang termasuk dua petugas TPHD.

Menurut dia, tujuan bimbingan tersebut agar calon jamaah haji mempunyai bekal dan ilmu pengetahuan sehingga dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar sehingga menjadi haji yang mabrur.

Bimbingan manasik haji dilaksanakan selama 10 kali pertemuan, 2 kali di tingkat kabupaten dan 8 kali di tingkat kecamatan, dimulai dari tanggal 30 Juli 2016. "Sementara untuk kecamatan dilaksanakan di Kandangan, Telaga Langsat, Sungai Raya dan Daha Utara," katanya.

Usia termuda CJH dari Kabupaten HSS adalah Dini Maulida Yuliani Suriani yang berumur 18 tahun warga Tibung Raya, sementara CJH tertua Syahrun Utuh Apan yang berumur 80 tahun warga Desa Paramaian Kecamatan Daha Utara.

Kepala Kemenag HSS H Matnor mengungkapkan, CJH dari Kabupaten HSS tahun ini terkumpul dalam satu pesawat di kloter delapan yang akan berangkat menuju embarkasi haji Banjarbaru pada Senin (18/8) Pukul 17.00 Wita.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati HSS dan jajaran Pemkab HSS atas dukungan dan bantuan dalam penyelenggaraan haji 2016 termasuk menyediakan pendopo kabupaten sebagai tempat manasik haji.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016