Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengagendakan turun ke desa (Turdes) dengan mengendarai motor trail selama enam hari mulai 3-8 Agustus 2023 yang tersebar pada 13 kabupaten/kota.
 
Menurut Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar di Banjarbaru, Senin, kegiatan tersebut merupakan program Turdes Gubernur ke-9 selama memimpin Provinsi Kalimantan Selatan dua periode hingga 2024.

Baca juga: Gubernur Kalsel pecahkan rekor MURI kendarai trail turun ke desa
 
Dikatakan dia, Turdes Gubernur Kalsel untuk mengunjungi langsung masyarakat desa terutama yang berada di pedalaman dan paling ujung di provinsi Ini dengan mengusung misi penanganan inflasi, stunting dan perekaman e-KTP.
 
Roy menyampaikan Turdes menjelang peringatan Kemerdekaan RI sudah disiapkan dengan matang, selain rute yang akan ditempuh juga kegiatan sosial dan lainnya yang akan dilaksanakan.
 
Dikatakan dia, seluruh instansi yang menjadi koordinator pada kegiatan ini juga sudah diinstruksikan untuk menyiapkan segala keperluan, sehingga kegiatan berjalan lancar.
 
Roy juga meminta inspektorat agar mengawal ketat kegiatan ini supaya tidak bermasalah pada kemudian hari.
 
"Mana saja yang menggunakan anggaran belanja tak terduga (BTT) dan mana yang tidak," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Kalsel buka Pasar UMKM di Tabalong
 
Kegiatan Turdes di antaranya, Gubernur Kalsel yang lebih akrab disapa Paman Birin itu akan menyerahkan sebanyak 8.000 paket atau bakul sembako untuk mengendalikan inflasi sekaligus penanganan stunting ke masyarakat desa.
 
Selain itu, Gubernur Sahbirin juga menyerahkan tablet vitamin, makanan tambahan, gemar makan ikan, makan telur dan bibit tanaman.
 
Rute sementara yang sudah dijadwalkan Turdes Gubernur Kalsel tersebut selama enam hari, yakni mulai dari Kantor Sekdaprov Kalsel di Banjarbaru, kemudian menuju Kota Banjarmasin, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Utara.
 
Kemudian melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Tabalong, Balangan hingga ke daerah pesisir, yakni Tanah Bumbu, Kota Baru dan Tanah Laut hingga selesai di Kiram Park Kabupaten Banjar.
 
Gubernur Kalsel pada Turdes 2022 mendapatkan rekor MURI dengan perjalanan Turdes terpanjang sekitar 1.000 kilometer menggunakan motor trail tersebut.

Baca juga: Turdes Gubernur Kalsel lakukan gerakan sosial di desa-desa Kotabaru

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023