Ketua DPRD Hulu Sungai Selatan (HSS), H Ahmad Fahmi (HAF) memandang perlunya penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten HSS, karena banyak manfaat yang akan dihasilkan, terutama peningkatan kualitas pelayanan publik.

Hal ini disampaikan HAF, usai rapat paripurna dengan agenda penyampaian jawaban eksekutif oleh Bupati HSS, H Achmad Fikry, atas pemandangan umum fraksi-fraksi di DPRD terkait rancangan peraturan daerah (raperda) SPBE.

"Penyampaikan Pa Bupati sangat bagus dan memberikan gambaran menyeluruh, kita berharap pembentukan perda ini akan mendorong perubahan sistem pemerintahan kita yang bertransformasi dari good governace menuju E-Goverment," katanya, dalam keterangan, di Kandangan, Rabu.

Baca juga: Pembangunan Islamic Center HSS masuki tahap keempat

Dijelaskan HAF, SPBE memanfaatkan Teknologi dan Informasi (TIK) akan memberikan warna baru dalam penata kelolaan pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel, serta pelayanan publik yang akan dirasakan masyarakat makin berkualitas dan terpercaya.

Selain itu, tata kelola dan manajemen SPBE secara nasional, tak terkecuali di Kabupaten HSS, diperlukan dalam meningkatkan keterpaduan dan efisiensi, disamping dapat memacu tumbuh-tumbuhnya inovasi-inovasi membangun dalam pelayanan publik.

“Alhamdulillah hari ini dalam paripurna tahap satu tentang raperda SPBE juga langsung dihadiri bupati, yang telah menjawab pertanyaan dan pandangan umum dari fraksi-fraksi,” ujarnya.

Baca juga: DPRD HSS umumkan usulan pemberhentian bupati dan wabup

Adapun setelah agenda hari ini dengan jawaban dari pihak eksekutif, kemudian nanti akan dilakukan rapat komisi, dilanjutkan dengan rapat gabungan komisi, dan di tahap kedua nanti untuk penetapan peraturan daerah (perda).

Ditambahkan dia, raperda juga diakui nantinya akan lebih banyak memakan biaya, karena adanya elektronik. Untuk itu akan diatur sesuai ketentuan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023